MARI BELAJAR BERSAMA
LATIHAN SOAL UJIAN SEKOLAH
BAHASA INDONESIA
SMK DIPONEGORO LEBAKSIU TAHUN 2021
1. Bacalah
teks berikut dengan saksama!
|
Bencana alam adalah suatu
peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Bencana
alam dapat terjadi dimana
pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia. Indonesia merupakan negara
kepulauan yang rawan bencana alam. Itulah sebabnya Indonesia banyak mengalami
bencana alam terutama gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor. |
Dari teks tersebut yang termasuk
dalam definisi umum laporan adalah . . .
A. Itulah sebabnya Indonesia banyak mengalami bencana
B. Bencana alam dapat terjadi
di manapun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia.
C. Indonesia merupakan negara
kepulauan yang rawan bencana alam
D. Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia.
E.
Bencana alam di Indonesia, seperti gempa bumi, gunung
meletus, banjir, dan tanah longsor.
2. Bacalah
teks berikut dengan saksama!
|
Lingkungan RT 03 kurang bersih, karena kurangnya kesadaran
masyarakatnya untuk menjaga
kebersihan dan kurangnya keberadaaan fasilitas kebersihan, seperti tong
sampah. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat RT 03. Kerja sama
antara pengurus RT dan masyarakat akan lebih meningkatkan upaya kebersihan
lingkungan tersebut. Pengurus RT berperan dalam penyediaan fasiitas
kebersihan bersinergi dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga keberishan
lingkungan. |
Dari teks tersebut yang termasuk dalam
definisi umum hasil analisis laporan adalah . . .
A. Pengurus RT berperan dalam penyediaan fasilitas kebersihan bersinergi dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.
B. Kurangnya kesadaran masyarakatnya untuk menjaga
kebersihan
C. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung
jawab seluruh masyarakat RT 03
D. Kerja sama antara pengurus RT dan masyarakat akan
lebih meningkatkan upaya kebersihan lingkungan tersebut.
E. Lingkungan RT 03 kurang bersih
3. Cermatilah
teks berikut!
|
(1) Sebagai teks
hasil produksi budaya, teks sejarah membutuhkan tiga hal: tesis, antitesis,
dan sintesis. (2) Lihatlah bagaimana banyak sejarawan muncul untuk
mengkritisi dan menolak anggapan orde baru mengenai peristiwa G 30 S dan
bagaimana Sokarno dipaksa untuk lengser dengan menyalahgunakan Supersemar.
(3) Sebuah teks sejarah sejatinya terbuka dalam menerima kritik dan koreksi.
(4) Apa yang kita anggap benar pada masa lalu belum tentu bertahan hingga
masa sekarang. (5) Itu semua adalah bentuk kritik dan koreksi terhadap
konstruksi sejarah yang ada. |
Teks eksposisi di atas tidaklah padu. Agar menjadi
teks eksposisi yang baik, susunan yang tepat adalah..
A. 3-1-5-2-4
B. 3-1-4-5-2
C. 3-1-2-4-5
D. 3-1-4-2-5
E. 3-1-5-4-2
4. Bacalah teks anekdot
tersebut!
|
Kisah Pemulung Pada siang hari di sebuah kompleks perumahaan
yang kelihatan mewah terjadi perdebatan antara Pak RT dan Pak Pemulung.
Masalah yang mereka debatkan adalah hal remeh yaitu di lingkungan perumahan
itu, memang sudah banyak ditempel papan dengan tulisan “Pemulung Dilarang
Masuk”, tetapi masih saja ada pemulung yang tidak menaati aturan tersebut. Pak RT : “Pak sedang cari apa
di tempat sampah itu?” Pemulung : “Ya, sudah tentu cari barang bekas
atau botol plastik yang dapat didaur ulang.” Pak RT : “
Maaf ya Pak, Bapak dapat baca tulisan yang ada di depan pintu Gerbang
perumahan ini, tidak? Pemulung :“Emang
tulisannya apa, Pak?” Pak RT : “Di papan
itu tertulis Pemulung Dilarang Masuk, lantas kenapa Bapak nekat masuk di
perumahan ini?” Pemulung : “Yah, Pak RT
ini gimana sih… kalau saya bisa baca tulisan yang di papan itu,
tentu saya tidak akan jadi pemulung, Pak!” Pak RT kemudian terdiam
membisu dan berpikir bahwa jawaban pemulung itu ada benarnya juga. Pemulung
tadi ternyata buta huruf, jelaslah ia tidak bisa baca papan larangan
pemulung. |
Dari teks anekdot di atas, makna
tersiratnya adalah...
A. Masih banyak orang miskin di
sekitar kita!
B. Pemulung dilarang masuk!
C. Banyak pemulung yang tidak
menaati peraturan.
D. Ternyata angka buta aksara
disekitar kita masih banyak.
E.
Teranyata masih banyak pemulung disekitar kita.
5. Bacalah
teks berikut dengan saksama!
|
struktur
yang pertama kali muncul dan menjadi pembuka dari percakapan sebuah
negosiasi. |
Pernyataan tersebut merupakan bagian dari struktur
kompleks teks negosiasi berupa....
A.
Orientasi
B.
permintaan
C.
persetujuan
D.
pembelian
E.
penutup
6. Cermatilah
struktur Teks Negosiasi berikut!
|
1.) orientasi
2.) persetujuan 3.) penawaran 4.) penutup 5.) pemenuhan 6.) pembelian 7.) permintaan |
Susunan struktur teks negosiasi yang
tepat adalah .
. .
A. 1-7-3-5-2-6-4
B. 1-7-5-3-2-6-4
C. 1-7-5-3-2-4-6
D. 2-7-5-3-1-6-4
E.
1-7-5-3-2-6-4
7. Cermati
pernyataan berikut dengan saksama!
Mosi menjadi dasar bagi pihak-pihak yang
terlibat debat untuk menentukan . . .
A. tingkah laku
B. Perilaku yang mendukung terhadap mosi
C. Apakah mendukung atau menolak mosi
D. kepercayaan terhadap mosi
E.
bertentangan
dengan keadaan
8. Cermati
penulisan catatan kaki berikut!
|
Taufik. Empati Pendekatan Psikologi Sosial.
(Jakarta. P.T. Raja Grafindo Persada. 2012). hlm. 100. |
Penulisan
catatan kaki yang tepat adalah …
A. Taufik, Empati Pendekatan Psikologi Sosial.
(Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2012), hlm. 100.
B.
Taufik. Empati Pendekatan Psikologi Sosial
(Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada. 2012), hlm. 100.
C.
Taufik, Empati
Pendekatan Psikologi Sosial, (Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada. 2012), hlm.
100.
D.
Taufik, Empati
Pendekatan Psikologi Sosial, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012), hlm.
100.
E.
Taufik.
Empati Pendekatan Psikologi Sosial. (Jakarta. PT Raja Grafindo Persada. 2012),
hlm. 100.
9. Cermatilah
penulisan judul karya ilmiah berikut ini!
|
Menumbuhkan
Minat Baca Pada Anak Kurang Mampu |
Perbaikan
penulisan judul ilmiah tersebut yang sesuai dengan EYD adalah …
A. Menumbuhkan minat baca pada anak kurang mampu
B. Menumbuhkan Minat baca Pada Anak kurang Mampu.
C. Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Kurang Mampu
D. Menumbuhkan Minat Baca Pada anak kurang Mampu
E. Menumbuhkan minat Baca pada Anak kurang mampu
10. Cermatilah
kalimat-kalimat berikut!
|
1.Oleh karena itu, mereka harus mempersiapkan diri dengan
matang dan sebaik mungkin. 2. Baik buruknya kualitas mereka bergantung dari usaha
mereka sendiri. 3. Saat ini banyak dibutuhkan tenaga kerja yang memilki
kompetensi, keterampilan, kepandaian, dan ketangkasan. 4. Mereka memilki keuletan, kejujura, kerja keras, cermat,
ketelatenan, sopan santun maupun empati akan memberikan nilai lebih saat
mencari kerja. 5.
Akan tetapi, banyak diantara pencari kerja
yang ternyata telah memilki pengalaman kerja sehingga mereka memilki
kemampuan, keterampilan, keahlian, dan bekal untuk mereka bekerja. |
Urutan yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah …
A. 1-2-3-4-5 B. 3-4-5-1-2 C. 3-4-5-1-2 D. 4-5-3-2-1 E. 5-4-3-2-1
11. Bacalah
teks ekplanasi berikut dengan saksama!
|
Korean Pop atau
yang disebut K-Pop adalah jenis musik populer yang berasl dari Korea Selatan.
Demam K-Pop pun kini sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Demam K-Pop di
Indonesia dilatarbelakangi fenomena Piala Dunia Korea – Jepang 2002 yang
berakhir dengan masuknya Korea Selatan sebagai kekuatan empat besar dunia.
Jadi, K-Pop telah dikenal di Indonesia lebih kurang 10 tahun terakhir. |
Paragraf tersebut termasuk struktur teks eksplanasi bagian . . .
A. pernyataan umum
B. deretan penjelas
C. proses
D. penutup
E.
simpulan
12. Kalimat
di bawah ini yang bukan termasuk kalimat persuasif dalam teks ceramah adalah .
. .
A. Saya berpikir,
sebaiknya Kita semua bergerak bersama untuk melakukan perubahan.
B. Harapan Kami dalam
kesempatan kali ini, hendaklah semuanya mau berpikir lebih dalam.
C. Kita perlu
melakukan pengawasan yang lebih mendalam terkait maraknya korupsi.
D. Saya ingin menyatakan bahwa saya mencintai negeri ini dan seluruh
warganya.
E.
Melihat kejadian ini, seharusnya Kalian semua tergerak
untuk melakukan lebih banyak hal.
13. Cermatilah
penggalan cerpen berikut!
|
Kuingin kau berbohong
padaku. Seperti yang kau utarakan kemarin, dan yang kemarin dulu itu. Ketika
mentari meredup berpendar di pucuk daun sebelah barat rumah dan ketika kerumunan
itu tak lagi bersamamu, kau mulai dengan kisah kebohonganmu yang pertama
kepadaku. |
Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar waktu sore adalah.…
A. Alur yang membingungkan
B. Ketika kerumunan tidak bersama
C. Mentari di sebelah barat
D. Kebohongan yang disampaikan tokoh kamu
E. Mentari meredup
14. Cermatilah
penggalan cerpen berikut!
|
"Kau pergi mencari bunga-bunga itu.
Untuk apa, heh?" tenggorokanku tersumbat. Aku terdiam. Tidak berani
menatap wajah ayah. "Di mana carinya?" Tapi aku harus menyembunyikan dari mana asal
bunga-bunga itu. "Di sungai, Yah." Kataku membohong. Ayah merampas
bungaku. Dan membuangnya ke sampah. Perasaan kemarin datang lagi. Aku
ingin mengambilnya kembali. "Engkau
mulai cengeng, buyung. Boleh ke sungai, untuk berenang. Bukan mencari
bunga-bunga, begitu. |
Amanat yang terkandung
dalam penggalan cerpen tersebut adalah …
A. laki-laki
harus tegas, kuat, kukuh, dan tidak cengeng
B. laki-laki
harus tegas, kuat, dan tidak cengeng
C. seorang
laki-laki kurang wajar apabila menyenangi bunga
D. laki-laki
yang mencintai bunga identik dengan laki-laki yang cengeng
E.
tidak pantas jika laki-laki mempunyai sifat
berani tetapi senang bunga
15. Cermatilah
penggalan cerpen berikut!
|
"Saya ingin lagu gending Jawa." "Tolong Pak Sopir. Bapak ini tidak
suka lagu pop Indonesia, padahal lagu itu kesukaan saya. Dia minta ditukar
saja dengan gending Jawa." "Tetapi saya tidak punya kaset gending Jawa," kata sopir "Saya punya. Saya tidak pernah
meninggalkan kaset gending Jawa, setiap saya bepergian. Ini kaset lagu kesukaan
saya. Gending Jawa." Para penumpang mendengarkan lagu itu. Tetapi
beberapa saat saja kemudian, terdengar orang berteriak: "Bolehkah lagu
itu ditukar?" |
Nilai budaya yang terdapat dalam
penggalan cerpen di atas adalah …
A.
mencintai lagu
pop
B. mencintai lagu daerah
C.
mendengarkan musik
bersama-sama
D. naik kendaraan sambil mendengarkan musik
E. mencintai lagu-lagu
Komentar