KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas : XII
|
Kompetensi Dasar/Tujuan Pembelajaran |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi |
|
|
Menganalisis
kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah |
Mengidentifikasi
masalah, fakta dan opini sebuah artikel dan atau buku ilmiah |
Unsur Kebahasaan
Artikel |
|
|
Mengidentifikasi
persamaan dan perbedaan penggunaan bahasa dalam artikel |
Menemukan
informasi dalam artikel opini |
|
|
|
Membandingkan
kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis |
Disajikan teks,
peserta didik dapat menunjukkan kalimat yang berisi pendapat. |
Kritik Sastra
dan Esai |
|
|
Mengidentifikasi
unsur kritik dan esai |
Kritik Sastra
dan Esai |
|
Materi Bahasa Indonesia di kelas XII semester genap tersisa dua bab, yaitu Unsur Kebahasaan Artikel dan Kritik sastra dan Esai. Dari kedua materi tersebut terdapat kompetensi dasar atau tujuan pembelajaran: Pertama, Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah yang nantinya indikator pencapaian pembelajaran pada kompetensi ini mengharapkan siswa mampu Mengidentifikasi masalah, fakta dan opini sebuah artikel dan atau buku ilmiah. Kedua, Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis, siswa dapat Mengidentifikasi unsur kritik dan esai. Untuk mendalami kisi-kisi mari kita pelajari contoh-contoh soal yang sesuai dengan KD tersebut.
1. Cermati teks berikut!
(1)Saat ini
literasi bukan hanya sekadar mampu membaca dan menulis. (2) Melainkan,
kemampuan lebih dari sekadar itu. (3) Padahal, pemahaman literasi yang mana
berarti seorang individu mampu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk
kecakapan hidup. (4) Dalam konteks pengajaran, literasi merupakan kemampuan
mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai
aktivitas. (5) Aktivitas tersebut di antaranya, membaca, berhitung, menyimak,
menulis, berbicara dan berbudaya. Kalimat yang tidak efektif dari paragraf
tersebut adalah kalimat nomor . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (5)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)
2.
Cermatilah paragraf berikut dengan saksama!
Mengonsumsi
buah dan sayur lebih dari lima porsi setiap harinya terbukti berguna menjaga
kesehatan. Studi terbaru menyebutkan sayur dapat mencegah kematian akibat
penyakit jantung, stroke, dan kanker.
Penelitian
yang dilakukan tim ilmuwan dari University College London (UCL) di London,
Inggris ini merekomendasikan untuk mengonsumsi hanya lima porsi buah dan
sayuran setiap hari ternyata tidaklah cukup. Paling tidak, kita musti melahap
tujuh porsi buah dan sayuran segar setiap harinya, terutama produk
sayuran-sayuran. Studi yang dilansir laman The Guardian juga menyarankan untuk
menyantap buah kalengan, berseberangan dengan mereka yang meyakini bahwa
kebiasaan tersebut termasuk sehat. Tujuan isi artikel tersebut memberitahu kepada
pembaca bahwa . . .
A. Menyarankan untuk
mengonsumsi buah dalam kesehatan minimal lima
B. Merekomendasikan untuk mengonsumsi hanya lima porsi buah
C. Buah dan sayur minimal
lima porsi setiap hari dikonsumsi
D. Menyarankan untuk makan
buah dan sayuran setiap hari selesai makan
E. Mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya penting menjaga kesehatan
3. Cermatilah teks berikut!
Olahraga sangat membantu pertahanan tubuh
agar terhindar dari berbagai penyakit. Rajin berolahraga, antara lain, membuat
kita dapat tidur nyenyak. Olahraga juga membuat kita menjadi orang yang selalu
ceria sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk kanker. Pendapat
yang dapat mewakili pernyataan itu adalah . . .
B. Sebelum tidur, seseorang harus banyak berolahraga.
C. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurang tidur.
D. Olahraga sangat membantu melemahnya tubuh
E. Berolahraga dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit.
4.
Fakta yang diperlukan untuk pendapat-pendapat yang ada pada
cuplikan itu adalah . . .
A. proses perkembangbiakan kanker
B. pengalaman tentang
orang-orang yang biasa berolahraga
C. cara-cara berolahraga yang
bailk
D. olahraga membuat ceria
E. jumlah penyakit yang biasa menyerang tubuh
5. Tentunya, penanganannya
itu perlu disertai pembenahan di sana-sini, terutama kewenangan dari
pihak-pihak terkait yang selama ini terkesan tumpang tindih, baik itu
antarkementerian, antardirjen, maupun kewenangan pemerintah pusat dengan
daerah. Berdasarkan istilah yang digunakannya, cuplikan artikel tersebut
bertopik tentang . . .
A.
Penerbitan
B. Pendidikan
C. Perguruan
D. Perkuliahan
E. Pemerintah
6.
Berikut ini merupakan pengertian dari artikel yang tepat
adalah . . .
A. Artikel yang berisi
penjelasan terhadap suatu peristiwa atau fenomena alam terjadi.
B. Artikel dibangun unsur
ADIKSIMBA.
C. Artikel yang berisi ulasan
atau penilaian terhadap karya sastra.
D. Artikel berupa kritik
sosial terhadap pemerintah daerah.
E. Artikel berisi pendapat, pikiran, gagasan, atau kritik mengenai persoalan yang berkembang di tengah masyarakat.
7.
Cermatilah teks di bawah ini!
(1)Transportasi kereta api mempunyai keunggulan dibandingkan
dengan transportasi darat yang lain. (2) Keunggulan itu antara lain hemat
energi dan dampak lingkungan yang ditimbulkan relatif lebih kecil. (3) Selain
itu kereta api merupakan sarana angkutan yang lebih ekonomis baik bagi
penumpang maupun barang untuk jarak jauh. (4) Hal ini diungkapkan oleh kepala
PJKA dalam harian ibukota. Kalimat yang berisi pendapat adalah kalimat . . .
A.
Pertama C. Ketiga
B. Kedua D. Keempat
E. pertama & ketiga
8.
Di bawah yang bukan bagian dari struktur artikel adalah . . .
A. Pendapat C.
Penegasan ulang
B. Argumen D. Komplikasi
E. Tesis
9. Bacalah kutipan teks editorial berikut!
Ketika Upah
Minimum Kabupaten (UMK) naik, serta merta daya beli warga dan buruh meningkat.
Pemerintah bertugas menjaga agar permintaan melonjak cepat disikapi dengan
persediaan yang cukup. Pemerintah harus bekerja sama dengan pebisnis. Pebisnis
barang kebutuhan yang saat ini telah eksis didorong untuk menambah stok barang.
Bila mereka enggan untuk menambah stok barang, pemerintah harus buka kran agar
pemain baru masuk. Pemerintah jangan sampai kalah dengan mafia, kartel,
spekulan, atau sejenisnya yang memanfaatkan situasi kenaikan upah dengan
menaikkan harga. Jika demikian adanya, kesejahteraan buruh tidak akan terjadi.
Buruh tidak akan sempat menikmati jerih payahnya mendapatkan penambahan upah.
Fakta yang dikemukakan dalam tajuk rencana di atas adalah . . .
A.
Bila mereka enggan untuk menambah
stok barang, pemerintah harus buka kran agar pemain baru masuk.
B.
Pemerintah jangan sampai
kalah dengan mafia, kartel, spekulan, atau sejenisnya.
C.
Pebisnis barang kebutuhan yang saat ini telah eksis didorong untuk
menambah stok barang.
D.
Jika demikian adanya,
kesejahteraan buruh tidak akan terjadi.
E. Buruh tidak akan sempat menikmati jerih payahnya mendapatkan penambahan upah.
10. Bacalah kutipan teks opini berikut!
Di era keterbukaan ini,
setiap orang rasanya tidak perlu takut lagi untuk mengemukakan atau
mengekspresikan pendapat. Kebebasan berekspresi ini, bahkan telah dijamin oleh
negara secara konstitusional. Sayangnya orang masih merasa takut mengemukakan
keinginan atau pendapatnya secara terbuka. Perasaan malu dan takut semacam ini
juga sering ditemui di dalam diri siswa di sekolah, khususnya mereka yang masih
di usia remaja.
Akibat rasa malu dan takut
untuk mengekspresikan keinginan dan pendapatnya, proses belajar mengajar yang
interaktif sulit dicapai. Siswa cenderung diam daripada membuka perdebatan atau
dialog dengan guru maupun dengan sesama siswa. Kondisi semacam ini tentu saja
sangat tidak kondusif bagi upaya pembelajaran yang bersifat dialogis dan
interaktif. Oleh sebab itu, kemampuan asertif perlu ditanamkan dalam diri siswa
sedini mungkin. Yang bukan gagasan penjelas paragraf pertama kutipan teks opini
di atas adalah...
A.
Kebebasan berekspresi
dijamin negara secara konstitusional
B.
Setiap orang tidak perlu
takut mengemukakan pendapat
C.
Masih banyak orang takut
menyampaikan pendapat secara terbuka
D.
Pada umumnya remaja merasa
malu dan takut menyampaikan pendapat
E. Setiap orang takut berekspresi atau menyampaikan pendapat
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!
11. Jelaskan perbedaan mendasar dari kritik dan esai!
12. Tuliskan langkah-langkah menulis kritik atau esai!
13. Apa yang dimaksud dengan teks artikel?
14. Sebutkan struktur teks artikel!
15. Sebutkan ciri kebahasaan teks artikel!
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH UTAMA
SMK DIPONEGORO LEBAKSIU
TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Jenjang Pendidikan : Sekolah Menegah Kejuruan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kurikulum : K 2013
Alokasi Waktu : 90
Menit
Kelas : XII
Jumlah Soal : 50
Bentuk Soal : Pilgan
Komentar