KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER 

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mata Pelajaran                        : BAHASA INDONESIA

Kelas                                        : XII 

Kompetensi Dasar/Tujuan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi

Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah

Mengidentifikasi masalah, fakta dan opini sebuah artikel dan atau buku ilmiah

Unsur Kebahasaan Artikel 

 

Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan penggunaan bahasa dalam artikel

Menemukan informasi dalam artikel opini

 

Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis

Disajikan teks, peserta didik dapat menunjukkan kalimat yang berisi pendapat.

Kritik Sastra dan Esai

 

Mengidentifikasi unsur kritik dan esai

Kritik Sastra dan Esai

 


Materi Bahasa Indonesia di kelas XII semester genap tersisa dua bab, yaitu Unsur Kebahasaan Artikel dan Kritik sastra dan Esai. Dari kedua materi tersebut terdapat kompetensi dasar atau tujuan pembelajaran: Pertama, Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah yang nantinya indikator pencapaian pembelajaran pada kompetensi ini mengharapkan siswa mampu Mengidentifikasi masalah, fakta dan opini sebuah artikel dan atau buku ilmiah. Kedua, Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis, siswa dapat Mengidentifikasi unsur kritik dan esai. Untuk mendalami kisi-kisi mari kita pelajari contoh-contoh soal yang sesuai dengan KD tersebut. 

1. Cermati teks berikut!

(1)Saat ini literasi bukan hanya sekadar mampu membaca dan menulis. (2) Melainkan, kemampuan lebih dari sekadar itu. (3) Padahal, pemahaman literasi yang mana berarti seorang individu mampu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. (4) Dalam konteks pengajaran, literasi merupakan kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas. (5) Aktivitas tersebut di antaranya, membaca, berhitung, menyimak, menulis, berbicara dan berbudaya. Kalimat yang tidak efektif dari paragraf tersebut adalah kalimat nomor . . .

A.    (1) dan (2)                                                

B.    (1) dan (5)  

C.    (2) dan (3)                              

D.   (3) dan (4)                        

E.   (4) dan (5)

2.      Cermatilah paragraf berikut dengan saksama!

Mengonsumsi buah dan sayur lebih dari lima porsi setiap harinya terbukti berguna menjaga kesehatan. Studi terbaru menyebutkan sayur dapat mencegah kematian akibat penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Penelitian yang dilakukan tim ilmuwan dari University College London (UCL) di London, Inggris ini merekomendasikan untuk mengonsumsi hanya lima porsi buah dan sayuran setiap hari ternyata tidaklah cukup. Paling tidak, kita musti melahap tujuh porsi buah dan sayuran segar setiap harinya, terutama produk sayuran-sayuran. Studi yang dilansir laman The Guardian juga menyarankan untuk menyantap buah kalengan, berseberangan dengan mereka yang meyakini bahwa kebiasaan tersebut termasuk sehat. Tujuan isi artikel tersebut memberitahu kepada pembaca bahwa . . .

A.    Menyarankan untuk mengonsumsi buah dalam kesehatan minimal lima

B.    Merekomendasikan untuk mengonsumsi hanya lima porsi buah

C.    Buah dan sayur minimal lima porsi setiap hari dikonsumsi

D.    Menyarankan untuk makan buah dan sayuran setiap hari selesai makan

E.    Mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya penting menjaga kesehatan 

3.      Cermatilah teks berikut!

Olahraga sangat membantu pertahanan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Rajin berolahraga, antara lain, membuat kita dapat tidur nyenyak. Olahraga juga membuat kita menjadi orang yang selalu ceria sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk kanker. Pendapat yang dapat mewakili pernyataan itu adalah . . .

    A. Orang yang terkena kanker pasti tidak pernah berolahraga.
    B. Sebelum tidur, seseorang harus banyak berolahraga.
    C. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurang tidur.
    D. Olahraga sangat membantu melemahnya tubuh
    E. Berolahraga dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit.

4.      Fakta yang diperlukan untuk pendapat-pendapat yang ada pada cuplikan itu adalah . . .

  A.     proses perkembangbiakan kanker

  B.     pengalaman tentang orang-orang yang biasa berolahraga

  C.     cara-cara berolahraga yang bailk

  D.     olahraga membuat ceria

  E.     jumlah penyakit yang biasa menyerang tubuh 

5.      Tentunya, penanganannya itu perlu disertai pembenahan di sana-sini, terutama kewenangan dari pihak-pihak terkait yang selama ini terkesan tumpang tindih, baik itu antarkementerian, antardirjen, maupun kewenangan pemerintah pusat dengan daerah. Berdasarkan istilah yang digunakannya, cuplikan artikel tersebut bertopik tentang . . .

A.      Penerbitan                                             

B.      Pendidikan        

C.      Perguruan                                                                                   

D.      Perkuliahan   

E.      Pemerintah

6. Berikut ini merupakan pengertian dari artikel yang tepat adalah . . .

A.   Artikel yang berisi penjelasan terhadap suatu peristiwa atau fenomena alam  terjadi.

B.   Artikel dibangun unsur ADIKSIMBA.

C.   Artikel yang berisi ulasan atau penilaian terhadap karya sastra.

D.   Artikel berupa kritik sosial terhadap pemerintah daerah.

E.   Artikel berisi pendapat, pikiran, gagasan, atau kritik mengenai persoalan yang berkembang di tengah masyarakat.

7. Cermatilah teks di bawah ini!

(1)Transportasi kereta api mempunyai keunggulan dibandingkan dengan transportasi darat yang lain. (2) Keunggulan itu antara lain hemat energi dan dampak lingkungan yang ditimbulkan relatif lebih kecil. (3) Selain itu kereta api merupakan sarana angkutan yang lebih ekonomis baik bagi penumpang maupun barang untuk jarak jauh. (4) Hal ini diungkapkan oleh kepala PJKA dalam harian ibukota. Kalimat yang berisi pendapat adalah kalimat . . .

A.    Pertama                                                      C. Ketiga

B.    Kedua                                                       D. Keempat                                     

E. pertama & ketiga

8. Di bawah yang bukan bagian dari struktur artikel adalah . . .

A.   Pendapat                                                       C. Penegasan ulang

B.   Argumen                                                      D. Komplikasi                                     

E. Tesis

 

9. Bacalah kutipan teks editorial berikut!

Ketika Upah Minimum Kabupaten (UMK) naik, serta merta daya beli warga dan buruh meningkat. Pemerintah bertugas menjaga agar permintaan melonjak cepat disikapi dengan persediaan yang cukup. Pemerintah harus bekerja sama dengan pebisnis. Pebisnis barang kebutuhan yang saat ini telah eksis didorong untuk menambah stok barang. Bila mereka enggan untuk menambah stok barang, pemerintah harus buka kran agar pemain baru masuk. Pemerintah jangan sampai kalah dengan mafia, kartel, spekulan, atau sejenisnya yang memanfaatkan situasi kenaikan upah dengan menaikkan harga. Jika demikian adanya, kesejahteraan buruh tidak akan terjadi. Buruh tidak akan sempat menikmati jerih payahnya mendapatkan penambahan upah. Fakta yang dikemukakan dalam tajuk rencana di atas adalah . . .

A.   Bila mereka enggan untuk menambah stok barang, pemerintah harus buka kran agar pemain baru masuk.

B.   Pemerintah jangan sampai kalah dengan mafia, kartel, spekulan, atau sejenisnya.

C.   Pebisnis barang kebutuhan yang saat ini telah eksis didorong untuk menambah stok barang.

D.   Jika demikian adanya, kesejahteraan buruh tidak akan terjadi.

E.    Buruh tidak akan sempat menikmati jerih payahnya mendapatkan penambahan upah. 

10. Bacalah kutipan teks opini berikut!

Di era keterbukaan ini, setiap orang rasanya tidak perlu takut lagi untuk mengemukakan atau mengekspresikan pendapat. Kebebasan berekspresi ini, bahkan telah dijamin oleh negara secara konstitusional. Sayangnya orang masih merasa takut mengemukakan keinginan atau pendapatnya secara terbuka. Perasaan malu dan takut semacam ini juga sering ditemui di dalam diri siswa di sekolah, khususnya mereka yang masih di usia remaja.

Akibat rasa malu dan takut untuk mengekspresikan keinginan dan pendapatnya, proses belajar mengajar yang interaktif sulit dicapai. Siswa cenderung diam daripada membuka perdebatan atau dialog dengan guru maupun dengan sesama siswa. Kondisi semacam ini tentu saja sangat tidak kondusif bagi upaya pembelajaran yang bersifat dialogis dan interaktif. Oleh sebab itu, kemampuan asertif perlu ditanamkan dalam diri siswa sedini mungkin. Yang bukan gagasan penjelas paragraf pertama kutipan teks opini di atas adalah...

A.    Kebebasan berekspresi dijamin negara secara konstitusional

B.    Setiap orang tidak perlu takut mengemukakan pendapat

C.    Masih banyak orang takut menyampaikan pendapat secara terbuka

D.    Pada umumnya remaja merasa malu dan takut menyampaikan pendapat

E.    Setiap orang takut berekspresi atau menyampaikan pendapat


Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 

11. Jelaskan perbedaan mendasar dari kritik dan esai!

12. Tuliskan langkah-langkah menulis kritik atau esai!

13. Apa yang dimaksud dengan teks artikel?

14. Sebutkan struktur teks artikel!

15.  Sebutkan ciri kebahasaan teks artikel!




KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH UTAMA

SMK DIPONEGORO LEBAKSIU

TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

 

Jenjang Pendidikan                 : Sekolah Menegah Kejuruan

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kurikulum                               : K 2013

Alokasi Waktu                        : 90 Menit

Kelas                                       : XII

Jumlah Soal                             : 50

Bentuk Soal                            : Pilgan

No

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

2

3

4

5

6

7

1

Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

Teks Observasi

Disajikan teks laporan hasil observasi , peserta didik mampu menentukan ringkasan informasi

L3

 

PG

1

2

Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.

Teks Observasi

Disajikan teks laporan hasil observasi , peserta didik mampu memperbaiki kalimat

L3

PG

2

3

Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.

Teks Eksposisi

Disajikan sebuah teks eksposisi, siswa dapat menentukan ciri bahasa (pronomina) teks eksposisi

L3

PG

3

4

Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.

Teks Eksposisi

Disajikan sebuah teks eksposisi, siswa dapat menentukan isi argumentasi pada teks eksposisi

L3

PG

4

5

Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.

Teks Anekdot

Disajikan sebuah teks anekdot, siswa diminta untuk menentukan makna tersirat

L3

PG

5

6

Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.

Teks Anekdot

Disajikan sebuah tgambar anekdot, siswa diminta untuk menemukan unsur kelucuaan/sindiran teks anekdot

L3

PG

6

7

Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat (hikayat).

Teks Hikayat

Disajikan kutipan teks hikayat, siswa dapat menentukan kemustahilan dalam teks hikayat

L3

PG

7

8

Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat (hikayat).

Teks Hikayat

Disajikan kutipan teks hikayat, siswa dapat menentukan nilai moral dalam teks hikayat

L3

PG

8

9

Menganalisis  isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi.

Teks Negosiasi

Disajikan  sebuah teks negosiasi, siswa dapat menentukan topik dalam teks negosiasi

L3

PG

9

10

Menganalisis  isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi.

Teks Negosiasi

Disajikan  sebuah teks negosiasi, siswa dapat menentukan kebahasaan teks negosiasi

L3

PG

10

11

Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.

Teks Debat

Disajikan sebuah teks debat, siswa dapat Siswa dapat menjelaskan pengertian debat

L1

PG

11

12

Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.

Teks Debat

Disajikan sebuah teks debat, Siswa dapat menjelaskan  tujuan debat

L1

PG

12

13

Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah

Karya Ilmiah

Siswa dapat menuliskan judul karya ilmiah

L3

PG

13

14

Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah

Karya Ilmiah

Siswa dapat menyusun sistematika karya ilmiah

L3

PG

14

15

Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah

Karya Ilmiah

Siswa dapat menyusun daftar pustaka

L3

PG

15

16

Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal

Proposal

Disajikan sebuah ilustrasi proposal, siswa diminta menentukan unsur

L3

PG

16

17

Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal

Proposal

Disajikan sebuah ilustrasi proposal, siswa diminta menentukan nama kegiatan

L3

PG

17

18

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur

Teks Prosedur

Disajikan sebuah teks prosedur, siswa dapat menentukan struktur isi prosedur

L3

PG

18

19

Mengidentifikasi teks prosedur dengan memperhatikan langkah-langkah

Teks Prosedur

Disajikan teks prosedur ,siswa dapat menentukan kebahasaan teks prosedur

L3

Essai

19

20

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi

Teks Eksplanasi

Siswa dapat menentukan struktur teks eksplanasi

L3

 

20

21

Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah

Teks Ceramah

Disajikan kutipan teks ceramah, sisiwa dapat menentukan inti ceramah

L3

PG

21

22

Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek

Teks Cerpen

Disajikan sebuah teks, Siswa dapat menentukan konflik

L3

PG

22

23

Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek

Teks Cerpen

Disajikan sebuah teks, Siswa dapat menentukan pembuka cerpen

L3

PG

23

24

Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek

Teks Cerpen

Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan tokoh aku dalam cerpen

L3

PG

24

25

Mengidentifikasi Alur cerita, Babak demi babak, dan konflik dalam drama

Drama

Disajikan penggalan drama, siswa dapat menyebutkan watak tokoh dalam drama

L3

PG

25

26

Mengidentifikasi Alur cerita, Babak demi babak, dan konflik dalam drama

Drama

Disajikan penggalan drama, siswa dapat mengidentifikai konflik dalam drama

L3

PG

26

27

Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca

Surat lamaran pekerjaan

Disajikan surat lamaran pekerjaan, peserta didik dapat menentukan kalimat penolakan

L3

PG

27

28

Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca

Surat lamaran pekerjaan

Disajikan surat lamaran pekerjaan, peserta didik dapat memperbaiki kalimat penutup surat lamaran pekerjaan

L3

PG

28

29

Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca

Surat lamaran pekerjaan

Disajikan surat lamaran pekerjaan, peserta didik dapat menuliskan alamat surat lamaran pekerjaan  yang benar

L3

PG

29

30

Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca

Surat lamaran pekerjaan

Disajikan surat lamaran pekerjaan, peserta didik dapat menentukan bagian surat lamaran pekerjaan

L3

PG

30

31

Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca

Surat lamaran pekerjaan

Disajikan surat lamaran pekerjaan, peserta didik dapat menganalisis struktur surat lamaran pekerjaan

L3

PG

31

32

Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah

Kebahasaan Cerita atau Novel Sejarah

 

Disajikan penggalan teks novel sejarah, peserta didik dapat menganalisis struktur teks novel sejarah

L3

PG

32

33

Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah

Kebahasaan Cerita atau Novel Sejarah

 

Disajikan penggalan teks novel sejarah, peserta didik dapat menunjukkan makna lampau teks novel sejarah

L3

PG

33

34

Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial.

Teks Editorial

Disajikan penggalan teks editorial, peserta didik dapat menunjukkan masalah yang disoroti dalam teks editorial

L3

PG

34

35

Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial.

Teks Editorial

Disajikan penggalan teks editorial, peserta didik dapat menunjukkan masalah dalam teks editorial

L3

PG

35

36

Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial.

Teks Editorial

Disajikan penggalan teks editorial, peserta didik dapat menunjukkan opini dalam teks editorial

L3

PG

36

37

Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial.

Teks Editorial

Disajikan penggalan teks editorial, peserta didik dapat menyimpulkan teks editorial

L3

PG

37

38

Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial.

Teks Editorial

Disajikan penggalan teks editorial, peserta didik dapat menunjukkan ide pokok teks editorial

L3

PG

38

39

Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan

Isi dan Kebahasaan Novel

Disajikan penggalan novel, peserta didik dapat menunjukkan amanat yang terkandung dalam novel

L3

PG

39

40

Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan

Isi dan Kebahasaan Novel

Disajikan penggalan novel, peserta didik dapat mendeskripsikan tokoh aku yang terkandung dalam novel

L3

PG

40

41

Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah

Unsur Kebahasaan Artikel 

Mengidentifikasi masalah, fakta dan opini sebuah artikel dan atau buku ilmiah

L3

PG

41

42

Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah

Unsur Kebahasaan Artikel 

Mengidentifikasi Argumentasi yang sesuai dengan pernyataan (tesis) yang ada pada  sebuah penggalan artikel

L3

PG

42

43

Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis

kaidah kebahasaan dari kritik dan esai, kecuali

Disajikan teks, peserta didik dapat menunjukkan kalimat yang berisi pendapat.

L3

PG

43

44

Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis

Kalimat yang merupakan kritik

Mengidentifikasi unsur kritik dan esai

L1

PG

44

45

Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis

Perbedaan mendasar antara kritik dan esai

Disajikan teks, peserta didik dapat menunjukkan kalimat yang berisi pendapat.

L1

PG

45

46

Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah

Unsur Kebahasaan Artikel 

Mengidentifikasi Argumentasi yang sesuai dengan pernyataan (tesis) yang ada pada  sebuah penggalan artikel

L1

PG

46

47

Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah

Kalimat yang tidak efektif dari paragraf

Mengidentifikasi Kalimat yang tidak efektif dari paragraf pada  sebuah penggalan artikel

L3

PG

47

48

Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah

Tujuan isi artikel

Mengidentifikasi Tujuan isi artikel pada  sebuah penggalan artikel

L3

PG

48

49

Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah

Pendapat yang dapat mewakili pernyataan itu

Mengidentifikasi Pendapat yang dapat mewakili pernyataan itu pada  sebuah penggalan artikel

L3

PG

49

50

Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah

Fakta yang diperlukan untuk pendapat-pendapat yang ada pada cuplikan

Mengidentifikasi Fakta yang diperlukan untuk pendapat-pendapat yang ada pada cuplikan  dari paragraf pada  sebuah penggalan artikel

L3

PG

50

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini