LATIHAN SOAL  BAHASA INDONESIA

MATERI TEKS RESENSI, TEKS PROSEDUR, DAN TEKS CERAMAH KELAS XI

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang paling tepat!

Cermati unsur-unsur berikut!

(1)  Judul Resensi

(2)  Identitas penerbit

(3)  Sinopsis buku

(4)  Latar belakang peresensi

(5)  Keungulan buku

(6)  Kelemahan buku

1.      Unsur-unsur teks resensi buku ditunjukkan nomor . . .

A. (1), (2), (5), dan (6)

B.  (1), (3), (5), dan (6)

C.  (1), (4), (5), dan (6)

D. (2), (3), (5), dan (6)

E.  (3), (4), (5), dan (6)

Bacalah teks resensi berikut.

Secara keseluruhan, buku ini layak dibaca oleh seluruh masyarakat Indonesia agar lebih memahami dan peduli terhadap kehidupan nelayan, laut, dan kebudayaan bahari bangsa.

2.      Kutipan teks tersebut merupakan struktur teks resensi bagian . . .

A. penutup resensi                       C. judul resensi

B.  identitas buku                          D. isi resensi                         E. analisis

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomo 3 dan 4.

Meskipun puisi-puisi di dalam buku ini dibuat empat dekade lalu, isu-isunya masih tetap relevan dengan situasi terkini. Sepertinya cerita politik ini tidak pernah mati dan Rendra tidak pernah pergi. Ia tetap hidup dalam sejarah Indonesia ketika kata-kata dalam sajak-sajaknya mengilhami gerakan kemanusiaan dan kebuadayaan.

3.      Konjungsi pertentangan yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah . . .

A. ketika                                        C.  dengan

B.  melalui                                      D.  meskipun                         E. sepertinya

4.      Konjungsi temporal yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah . . .

A. ketika                                        C. dengan

B.  melalui                                      D. meskipun                          E. sepertinya

Bacalah teks resensi berikut

Selain sebagai bagian dari sejarah dan karya monumental sastra Indonesia, buku antologi puisi ini patut dibaca para peserta didik, terutama di tingkat SMA/SMK dan mahasiswa, agar dapat merenungkan permasalahan pembangunan masyakarat di sekitarnya. Dengan mempelajari puisi-puisi ini, peserta didik juga dapat belajar cara menuangkan kritik sosial dalam bentuk puisi menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat, kuat, dan memiliki makna mendalam.

5.      Kutipan teks resensi tersebut berisi . . .

A. kritik sosial kepada masyarakat

B.  penggunaan diksi dalam teks

C.  biografi singkat penulis

D. rekomendasi pembaca

E.  identitas buku

Bacalah langkah-langkah menyusun teks resensi berikut.

(1)     Membaca buku yang akan diresensi

(2)     Memilih motode penulisan resensi 

(3)     Menulis teks resensi sesuai struktur

(4)     Menentukan buku yang akan diresensi

(5)     Membaca ulang teks yang telah ditulis

6.      Urutan langkah menulis teks resensi yang tepat adalah . . .

A.    (1) – (2) – (3) – (4) – (5)

B.    (2) – (3) – (1) – (5) – (4)

C.    (3) – (1) – (5) – (2) – (4)

D.    (4) – (1) – (2) – (3) – (5)

E.     (4) – (1) – (3) – (2) – (5)

7.      Berikut yang bukan merupakan karakteristik teks prosedur adalah . . .

A. bersifat universal

B.  bersifat informatif

C.  menggunakan pola kalimat perintah

D. berisi langkah-langkah atau petunjuk kerja

E.  informasi yang disampaikan berupa opini penulis

8.      Struktur teks prosedur yang tepat adalah . . .

A. pendahuluan, isi, dan penutup

B.  tujuan, material, langkah-langkah, dan penutup

C.  pernyataan umum, pernyataan khusus, dan simpulan

D. pendahuluan, petunjuk, penegasan ulang, dan simpulan

E.  pernyataan umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat

Cermatilah teks berikut!

Untuk mematikan komputer, Anda dapat mengeklik tombol start. Kemudian pilih shutdown. Dengan menekan shutdown, komputer akan mati secara otomatis. Setelah program komputer hilang, tekanlah tombol power pada layar monitor dan stabilizer saluran listrik. Cabutlah steker listrik ke komputer untuk mengakhiri proses operasi komputer.

9.      Teks di atas merupakan teks . . .

A. laporan                                     C. negosiasi

B.  eksposisi                                  D. prosedur                           E. anekdot

Cermatilah kalimat-kalimat berikut!     

1. Selain itu, keyboard ini dapat juga digunakan untuk desktop PC (personal computer) atau laptop.

2. Dengan menggunakan teknologi sinar laser dan infra merah, keyboard ini sangat berguna bagi setiap pengguna PDA. 

3. Sekarang telah lahir Virtual Laser Keyboard, keyboard canggih yang telah lama ditunggu-tunggu.

10. Urutan yang tepat paragraf prosedur di atas adalah . . .

A. 1 – 2 – 3                                   C. 3 – 2 - 1

B.  2 – 1 – 3                                   D. 3 – 1 – 2               E. 2 – 3 - 1                                                    

Bacalah paragraf berikut dengan tepat!

Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh Polantas! 

11. Konjungsi yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah …

A. syarat                                        C. sebab

B.  temporal                                   D. tujuan                                E. akibat

Cermati kutipan berikut!

Bahan; rimpang kencur sebesar ibu jari, garam secukupnya cara membuat; kencur diparut. Tambahkan secangkir air hangat. lalu peras dan disaring. Cara menggunakan kencur yang telah disaring biar mengendap, beri garam secukupnya kemudian diminum.

12. Kata yang menunjukan urutan kegiatan adalah …

A. kemudian                                 C. secangkir air

B.  tambahkan                               D. bisa mengendap               E. sebesar ibu jari

Cermati kutipan berikut!

Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM.  Kalimat kompleks tersebut dapat diubah menjadi kalimat sederhana.

13. Kalimat sederhana tersebut adalah …

A. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK.

B.  Kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana

C.  Pelanggaran itu mengakibatkan kematian

D. Pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK.

E.  Utamakanlah SIM sebagai surat yang ditahan oleh Polantas! 

Cermati petunjuk kerja berikut!

1.   Aktifkan blender hingga buah lumat dan homogen.

2.   Masukkan buah dan bahan pelengkapnya ke dalam blender.

3.   Siapkan bahan-bahan untuk membuat jus buah.

4.   Hidangkan dengan dilengkapi garnis.

5.   Tuangkan ke dalam gelas jus

14. Urutan petunjuk kerja yang tepat adalah ….

A. 1-2-3-4-                        C. 3-2-1-5-4

B.  5-4-3-2-1                     D. 1-3-2-4-5                          E. 2-4-1-3-5

Bacalah Paragraf berikut!

1.   Meminjam buku di perpustakaan sekolah merupakan aktivitas yang rutin dilakukan para siswa.

2.   Meminjam buku di perpustakaan sekolah perlu memperhatikan prosedur peminjaman agar buku yang Anda cari atau yang akan Anda pinjam dapat mudah ditemukan.

3.   Setelah masuk ruang perpustakaan, isilah daftar hadir lebih dahulu.

4.   Setelah itu ikuti prosedur peminjaman buku.

5.   Pertama, untuk mencari buku jangan langsung mencarinya di rak buku, tetapi carilah buku dalam katalog buku dahulu.

15. Kalimat nomor (3) termasuk jenis kalimat ...

A. deklaratif                     C. interogatif                                                       

B.  deskripsi                      D. imperatif                           E.  definisi

16. Masukan daging, aduk rata, lalu masukan santan. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk.

Kalimat di atas termasuk keterangan . . .

A. Alat                               C. Cara

B.  Waktu                           D. Urutan                               E. Tindakan

17. Ciri utama teks prosedur adalah …

A. mengandung alur

B.  bermaksud menggurui

C.  mengandung kalimat persuasif

D. bersifat narasi

E.  memiliki urutan langkah-langkah

Cermati Teks berikut!

Saudara-saudara yang baik hati, suatu ketika saya melihat beberapa siswa asyik berjalan di depan sebuah kelas dengan langkahnya yang cukup membuat orang di sekitarnya merasa bising. Terdengar percakapan di antara mereka yang kira-kira begini, “Punya gua kemarin hilang.” Terdengar pula sahutan salah seorang mereka, “Lho, kalau punya gua, sama elu kemanain?”

Tak menyangka, salah seorang siswa di samping saya juga memperhatikan percakapan mereka. Ia kemudian nyeletuk, “Gua apa: Gua Selarong atau Gua Jepang?” Beberapa siswa yang mendengarnya tertawa kecil. Di antara mereka ada yang berbisik, “Serasa di Terminal Kampung Rambutan.…?”

Bapak-bapak dan Ibu-ibu, prasangka baik saya waktu itu bukannya mereka tidak memahami akan perlunya ketertiban berbahasa di lingkungan sekolah.

kalangan terpelajar dengan julukan hebatnya sebagai “tulang punggung negara, harapan masa depan bangsa” seharusnya tidak larut dengan kebiasaan seperti itu.
Para siswa justru harus menunjukkan kelas tersendiri dalam hal berbahasa.
Intensitas para siswa dalam memahami literatur-literatur ilmiah sesungguhnya merupakan sarana efektif dalam mengakrabi ragam bahasa baku. Dari literatur-literatur tersebut mereka dapat mencontoh tentang cara berpikir, berasa, dan berkomunikasi dengan bahasa yang lebih logis dan tertata.

18. Teks tersebut termasuk teks ….

A. Ceramah                       C. Khotbah

B.  Pidato                           D. Orasi                                 E. Argumentasi

19. Menyampaikan informasi (edukatif) yang berupa pengetahuan kepada khalayak umum disertai juga untuk mengajak atau meyakinkan. Hal tersebut merupkan ….

A.    Pengertian ceramah

B.    Struktur ceramah

C.    Fungsi ceramah

D.    Inti ceramah

E.     Jenis ceramah

Bacalah ceramah di bawah ini dengan saksama!

Ada dua hal yang perlu saya ingatkan dalam kesempatan kali ini. Pertama, kita sebagai pelajar harus menjadi pelajar yang jujur dan anti korupsi. Ini merupakan keharusan yang tak boleh kita abaikan. Kedua, untuk menumbuhkan kejujuran dan sikap tersebut, kita harus membiasakannya dari hal-hal terkecil. Misalnya tidak mencontek saat menghadapi ujian. Karena hari ini adalah hari pertama ujian, tolong agar semuanya mengingat ini. Utamakan kejujuran dan jangan sampai ada yang mencontek!

20. Teks di atas merupakan struktur Teks Ceramah bagian . . .

A.    pendahuluan                         C. isi

B.    pembukaan                            D. pembahasan                     E. penutup

21. Dalam Teks Ceramah di atas, penyampaian pesan berusaha memberikan pengaruh (persuasi). Di bawah ini merupakan kalimat yang menunjukan maksud penyampaian pesan paling tepat adalah…

A. Penyampai pesan ingin mengubah kebiasaan buruk menjadi baik.

B.  Penyampai pesan ingin membangun kebiasaan disiplin di kalangan pelajar.

C.  Penyampai pesan ingin pelajar jujur saat menghadapi ujian.

D. Penyampai pesan ingin pelajar disiplin saat menghadapi ujian.

E.  Penyampai pesan tidak ingin siswa menjadi siswa yang buruk.

22. Salah satu unsur kebahasaan dalam Teks Ceramah adalah penggunaan kata ganti orang pertama. Berikut ini kalimat yang di dalamnya terdapat kata ganti orang pertama adalah….

A. Kamu seharusnya bersyukur tinggal di negeri yang makmur ini.

B.  Mereka terlahir sebagai orang-orang yang memiliki kehidupan bahagia.

C.  Dia tak tau harus berkata apa, perjuangannya sangat melelahkan.

D. Budi tidak bisa hidup sendiri, ia masih membutuhkan kasih sayang orangtuanya

E.  Dunia seolah berbicara kepadaku, bahwa negeri ini harus diperjuangkan.

23. Di bawah ini merupakan yang termasuk struktur bagian akhir dari Teks Ceramah yang tepat adalah

A. Demikian yang akan saya sampaikan. Dalam kesempatan kali ini, sebaiknya kita terus bersabar dan tidak tergiur dengan godaan. 

B.  Demikian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf jika dalam penyampaian ada salah-salah kata. Terimakasih atas perhatiannya.

C.  Mohon maaf jika acara yang kami selenggarakan ini masih banyak kekurangan. Kami berjanji akan membuat acara yang akan lebih baik lagi nanti.

D. Mohon maaf kalau ada hal yang menyakiti hatimu. Aku berjanji tidak akan mengulanginya dan akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

E.  Demikian yang telah saya sampaikan. Hanya itu yang bisa sampaikan dalam pesan singkat ini, semoga kamu berkenan.

24. Ada kalanya Teks Ceramah juga diserta dengan unsur-unsur yang bersifat rekreatif. Rekreatif adalah…

A. bersifat wisata

B.  bersifat menghibur

C.  bersifat menggantung

D. bersifat menggurui

E.  bersifat santai

Bacalah teks berikut dengan saksama!

Marilah kita curahkan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas nikmat yang telah diberikan sehingga kita dapat melaksanakan upacara dengan khidmat dan semangat. Pada kesempatan ini, Bapak akan memberikan sepotong petuah kepada kalian.

25. Teks tersebut termasuk struktur bagiaan . . .

A. isi                                  C.  penutup

B.  saran                             D. simpulan               E. pembuka

Bacalah teks berikut dengan saksama!

Kalian adalah bagian dari estafet kepemimpinan masa depan. Oleh karena itu, kalian memiliki hak yang sama untuk tumbuh, berkembang, dan mewujudkan cita-cita. Mari, kita saling menjaga dan menguatkan agar dapat mencapai tujuan bersama. Bapak ingin sekolah kita menjadi tempat yang menyenangkan bagi kalian. Budayakan cinta damai dan hindari segala macam bentuk perundungan di sekolah.

26. Permasalahan yang dibahas dalam kutipan teks tersebut adalah . . .

A. dampak negatif penggunaan HP bagi peserta didik.

B.  pengaruh buruk media sosial di kalangan pelajar.

C.  maraknya kasus perundungan di sekolah.

D. tindakan brutal para remaja di sekolah

E.  pelangaran tata tertib di sekolah

27. Berikut kalimat yang menunjukkan hubungan sebab akibat adalah . . .

A. semoga hal-hal yang saya sampaikan dapat bermanfaat.

B.  akhir-akhir ini, kasus perundungan di sekolah marak terjadi.

C.  kita sebaiknya jangan terlena dengan prestasi yang telah didapatkan.

D. saya mohon agar kalian dapat mencermati dan melaksanakan hal-hal yang saya sampaikan.

E.  maraknya peredaraan obat-obatan terlarang harsu diwaspadai karena dapat merusak masa depan generasi muda.

Bacalah teks berikut dengan cermat.

Hadirin yang saya hormati,

       Sebagai generasi muda, sudah selayaknya kita melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk bangsa Indonesia. Jika mereka berjuang merebut kemerdekaan, tugas kita adalah berjuangan mempertahkan kemerdekaan tersebut.  Oleh karena itu, marilah kita isi kemerdekaan ini dengan melakukan hal-hal yang positif.

28. Jika dilihat dari tujuannya, kutipan ceramah tersebut bersifat . . .

A. naratif                           C. persuasif

B.  rekreatif                        D. deskripstif                        E. argumentatif

29. Berikut yang bukan karakteristik teks ceramah adalah . . .

A. menggunakan argumentasi untuk memperoleh kemenangan

B.  menggunakan bahasa yang santun dan mudah dipahami

C.  isinya logis, jelas, dan dapat dipertanggungjawabkan

D. strukturnya terdiri atas pembuka, isi, dan penutup

E.  berisi informasi tentang bidang tertentu

30.  Ceramah rekreatif merupakan jenis ceramah yang bersifat . . .

A. membujuk                    C. mendidik              

B.  menghibur                    D. wisata                                E. santai 

Komentar

Postingan populer dari blog ini