LATIHAN SOAL BAHASA INDONESIA
MATERI TEKS RESENSI, TEKS PROSEDUR, DAN TEKS CERAMAH KELAS XI
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang paling tepat!
Cermati
unsur-unsur berikut!
(1) Judul
Resensi
(2) Identitas
penerbit
(3) Sinopsis
buku
(4) Latar
belakang peresensi
(5) Keungulan
buku
(6) Kelemahan
buku
1. Unsur-unsur
teks resensi buku ditunjukkan nomor . . .
A. (1),
(2), (5), dan (6)
B. (1),
(3), (5), dan (6)
C. (1),
(4), (5), dan (6)
D. (2),
(3), (5), dan (6)
E. (3),
(4), (5), dan (6)
Bacalah
teks resensi berikut.
Secara
keseluruhan, buku ini layak dibaca oleh seluruh masyarakat Indonesia agar lebih
memahami dan peduli terhadap kehidupan nelayan, laut, dan kebudayaan bahari
bangsa.
2. Kutipan
teks tersebut merupakan struktur teks resensi bagian . . .
A. penutup
resensi C. judul resensi
B. identitas
buku D. isi
resensi E.
analisis
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal nomo 3 dan 4.
Meskipun puisi-puisi di dalam buku ini
dibuat empat dekade lalu, isu-isunya masih tetap relevan dengan situasi
terkini. Sepertinya cerita politik ini tidak pernah mati dan Rendra tidak
pernah pergi. Ia tetap hidup dalam sejarah Indonesia ketika kata-kata dalam
sajak-sajaknya mengilhami gerakan kemanusiaan dan kebuadayaan.
3. Konjungsi
pertentangan yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah . . .
A. ketika C. dengan
B. melalui
D.
meskipun E.
sepertinya
4. Konjungsi
temporal yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah . . .
A. ketika
C. dengan
B. melalui
D. meskipun E. sepertinya
Bacalah
teks resensi berikut
Selain sebagai bagian dari sejarah dan
karya monumental sastra Indonesia, buku antologi puisi ini patut dibaca para
peserta didik, terutama di tingkat SMA/SMK dan mahasiswa, agar dapat
merenungkan permasalahan pembangunan masyakarat di sekitarnya. Dengan
mempelajari puisi-puisi ini, peserta didik juga dapat belajar cara menuangkan
kritik sosial dalam
bentuk puisi menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat, kuat, dan memiliki
makna mendalam.
5. Kutipan
teks resensi tersebut berisi . . .
A. kritik
sosial kepada masyarakat
B. penggunaan
diksi dalam teks
C. biografi
singkat penulis
D. rekomendasi
pembaca
E. identitas
buku
Bacalah
langkah-langkah menyusun teks resensi berikut.
(1) Membaca
buku yang akan diresensi
(2) Memilih
motode penulisan resensi
(3) Menulis
teks resensi sesuai struktur
(4) Menentukan
buku yang akan diresensi
(5) Membaca
ulang teks yang telah ditulis
6. Urutan
langkah menulis teks resensi yang tepat adalah . . .
A. (1) – (2) – (3) – (4) – (5)
B. (2) – (3) – (1) – (5) – (4)
C. (3) – (1) – (5) – (2) – (4)
D. (4) – (1) – (2) – (3) – (5)
E. (4) – (1) – (3) – (2) – (5)
7. Berikut
yang bukan merupakan karakteristik teks prosedur adalah . . .
A. bersifat
universal
B. bersifat
informatif
C. menggunakan
pola kalimat perintah
D. berisi
langkah-langkah atau petunjuk kerja
E. informasi
yang disampaikan berupa opini penulis
8. Struktur
teks prosedur yang tepat adalah . . .
A. pendahuluan,
isi, dan penutup
B. tujuan,
material, langkah-langkah, dan penutup
C. pernyataan
umum, pernyataan khusus, dan simpulan
D. pendahuluan,
petunjuk, penegasan ulang, dan simpulan
E. pernyataan
umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat
Cermatilah
teks berikut!
Untuk mematikan komputer, Anda dapat mengeklik
tombol start. Kemudian pilih shutdown. Dengan
menekan shutdown, komputer akan mati secara otomatis. Setelah program komputer
hilang, tekanlah tombol power pada layar monitor dan stabilizer saluran
listrik. Cabutlah steker listrik ke komputer untuk mengakhiri proses operasi
komputer.
9. Teks
di atas merupakan teks . . .
A. laporan C. negosiasi
B. eksposisi
D. prosedur E.
anekdot
Cermatilah
kalimat-kalimat berikut!
1. Selain itu, keyboard ini dapat juga
digunakan untuk desktop PC (personal computer) atau laptop.
2. Dengan menggunakan teknologi sinar laser dan infra merah, keyboard ini sangat berguna bagi setiap pengguna PDA.
3. Sekarang telah lahir
Virtual Laser Keyboard, keyboard canggih yang telah lama ditunggu-tunggu.
10. Urutan
yang tepat paragraf prosedur di atas adalah . . .
A. 1
– 2 – 3 C.
3 – 2 - 1
B. 2
– 1 – 3 D.
3 – 1 – 2 E.
2 – 3 - 1
Bacalah paragraf berikut dengan tepat!
Polisi tidak berhak menyita kendaraan
bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana,
pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat
menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah
SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh Polantas!
11. Konjungsi
yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah …
A. syarat C. sebab
B. temporal D. tujuan E. akibat
Cermati kutipan berikut!
Bahan; rimpang kencur sebesar ibu jari,
garam secukupnya cara membuat; kencur diparut. Tambahkan secangkir air hangat.
lalu peras dan disaring. Cara menggunakan kencur yang telah disaring biar
mengendap, beri garam secukupnya kemudian diminum.
12. Kata
yang menunjukan urutan kegiatan adalah …
A. kemudian C. secangkir air
B. tambahkan D. bisa mengendap E.
sebesar ibu jari
Cermati kutipan berikut!
Polisi tidak berhak menyita kendaraan
bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana,
pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK,
atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Kalimat kompleks tersebut
dapat diubah menjadi kalimat sederhana.
13. Kalimat
sederhana tersebut adalah …
A. Polisi
tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK.
B. Kendaraan
bermotor itu diduga hasil tindak pidana
C. Pelanggaran
itu mengakibatkan kematian
D. Pengemudi
tidak dapat menunjukkan STNK.
E. Utamakanlah
SIM sebagai surat yang ditahan oleh Polantas!
Cermati petunjuk kerja berikut!
1. Aktifkan
blender hingga buah lumat dan homogen.
2. Masukkan
buah dan bahan pelengkapnya ke dalam blender.
3. Siapkan
bahan-bahan untuk membuat jus buah.
4. Hidangkan
dengan dilengkapi garnis.
5. Tuangkan
ke dalam gelas jus
14. Urutan
petunjuk kerja yang tepat adalah ….
A. 1-2-3-4- C. 3-2-1-5-4
B. 5-4-3-2-1 D. 1-3-2-4-5 E.
2-4-1-3-5
Bacalah Paragraf berikut!
1. Meminjam
buku di perpustakaan sekolah merupakan aktivitas yang rutin dilakukan para
siswa.
2. Meminjam
buku di perpustakaan sekolah perlu memperhatikan prosedur peminjaman agar buku
yang Anda cari atau yang akan Anda pinjam dapat mudah ditemukan.
3. Setelah
masuk ruang perpustakaan, isilah daftar hadir lebih dahulu.
4. Setelah
itu ikuti prosedur peminjaman buku.
5. Pertama,
untuk mencari buku jangan langsung mencarinya di rak buku, tetapi carilah buku
dalam katalog buku dahulu.
15. Kalimat
nomor (3) termasuk jenis kalimat ...
A. deklaratif C. interogatif
B. deskripsi D. imperatif E.
definisi
16. Masukan
daging, aduk rata, lalu masukan santan. Masak dengan api kecil sambil sesekali
diaduk.
Kalimat
di atas termasuk keterangan . . .
A. Alat C. Cara
B. Waktu D. Urutan E. Tindakan
17. Ciri
utama teks prosedur adalah …
A. mengandung
alur
B. bermaksud
menggurui
C. mengandung
kalimat persuasif
D. bersifat
narasi
E. memiliki
urutan langkah-langkah
Cermati Teks berikut!
Saudara-saudara yang baik hati, suatu ketika
saya melihat beberapa siswa asyik berjalan di depan sebuah kelas dengan
langkahnya yang cukup membuat orang di sekitarnya merasa bising. Terdengar
percakapan di antara mereka yang kira-kira begini, “Punya gua kemarin
hilang.” Terdengar pula sahutan salah seorang mereka, “Lho, kalau
punya gua, sama elu kemanain?”
Tak menyangka, salah seorang siswa di samping
saya juga memperhatikan percakapan mereka. Ia kemudian nyeletuk, “Gua apa: Gua
Selarong atau Gua Jepang?” Beberapa siswa yang mendengarnya tertawa kecil. Di
antara mereka ada yang berbisik, “Serasa di Terminal Kampung Rambutan.…?”
Bapak-bapak dan Ibu-ibu, prasangka baik saya
waktu itu bukannya mereka tidak memahami akan perlunya ketertiban berbahasa di
lingkungan sekolah.
kalangan terpelajar dengan julukan hebatnya
sebagai “tulang punggung negara, harapan masa depan bangsa” seharusnya tidak
larut dengan kebiasaan seperti itu.
Para siswa justru harus menunjukkan kelas tersendiri dalam hal berbahasa.
Intensitas para siswa dalam memahami literatur-literatur ilmiah sesungguhnya
merupakan sarana efektif dalam mengakrabi ragam bahasa baku. Dari
literatur-literatur tersebut mereka dapat mencontoh tentang cara berpikir,
berasa, dan berkomunikasi dengan bahasa yang lebih logis dan tertata.
18. Teks tersebut termasuk teks ….
A. Ceramah C. Khotbah
B. Pidato D. Orasi E.
Argumentasi
19. Menyampaikan informasi (edukatif) yang berupa
pengetahuan kepada khalayak umum disertai juga untuk mengajak atau meyakinkan. Hal tersebut merupkan
….
A.
Pengertian ceramah
B.
Struktur ceramah
C.
Fungsi ceramah
D.
Inti ceramah
E.
Jenis ceramah
Bacalah
ceramah di bawah ini dengan saksama!
Ada dua hal yang perlu
saya ingatkan dalam kesempatan kali ini. Pertama, kita sebagai pelajar harus
menjadi pelajar yang jujur dan anti korupsi. Ini merupakan keharusan yang tak
boleh kita abaikan. Kedua,
untuk menumbuhkan kejujuran dan sikap tersebut, kita harus membiasakannya dari
hal-hal terkecil. Misalnya tidak mencontek saat menghadapi ujian. Karena hari ini adalah
hari pertama ujian, tolong agar semuanya mengingat ini. Utamakan kejujuran dan
jangan sampai ada yang mencontek!
20. Teks
di atas merupakan struktur Teks Ceramah bagian . . .
A. pendahuluan C. isi
B. pembukaan D. pembahasan E.
penutup
21. Dalam
Teks Ceramah di atas, penyampaian
pesan berusaha memberikan pengaruh (persuasi). Di bawah ini merupakan kalimat
yang menunjukan maksud penyampaian pesan paling tepat adalah…
A. Penyampai
pesan ingin mengubah kebiasaan buruk menjadi baik.
B. Penyampai
pesan ingin membangun kebiasaan disiplin di kalangan pelajar.
C. Penyampai
pesan ingin pelajar jujur saat menghadapi ujian.
D. Penyampai
pesan ingin pelajar disiplin saat menghadapi ujian.
E. Penyampai
pesan tidak ingin siswa menjadi siswa yang buruk.
22. Salah
satu unsur kebahasaan dalam Teks Ceramah adalah penggunaan kata ganti orang
pertama. Berikut ini kalimat yang di dalamnya terdapat kata ganti orang pertama
adalah….
A. Kamu
seharusnya bersyukur tinggal di negeri yang makmur ini.
B. Mereka
terlahir sebagai orang-orang yang memiliki kehidupan bahagia.
C. Dia
tak tau harus berkata apa, perjuangannya sangat melelahkan.
D. Budi
tidak bisa hidup sendiri, ia masih membutuhkan kasih sayang orangtuanya
E. Dunia
seolah berbicara kepadaku, bahwa negeri ini harus diperjuangkan.
23. Di
bawah ini merupakan yang termasuk struktur bagian akhir dari Teks Ceramah yang
tepat adalah …
A. Demikian
yang akan saya sampaikan. Dalam kesempatan kali ini, sebaiknya kita terus
bersabar dan tidak tergiur dengan godaan.
B. Demikian
yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf jika dalam penyampaian ada salah-salah
kata. Terimakasih atas perhatiannya.
C. Mohon
maaf jika acara yang kami selenggarakan ini masih banyak kekurangan. Kami
berjanji akan membuat acara yang akan lebih baik lagi nanti.
D. Mohon
maaf kalau ada hal yang menyakiti hatimu. Aku berjanji tidak akan mengulanginya
dan akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
E. Demikian
yang telah saya sampaikan. Hanya itu yang bisa sampaikan dalam pesan singkat
ini, semoga kamu berkenan.
24. Ada
kalanya Teks Ceramah juga diserta dengan unsur-unsur yang
bersifat rekreatif. Rekreatif adalah…
A. bersifat
wisata
B. bersifat
menghibur
C. bersifat
menggantung
D. bersifat
menggurui
E. bersifat
santai
Bacalah
teks berikut dengan saksama!
Marilah kita curahkan
rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas nikmat yang telah diberikan
sehingga kita dapat melaksanakan upacara dengan khidmat dan semangat. Pada
kesempatan ini, Bapak akan memberikan sepotong petuah kepada kalian.
25. Teks
tersebut termasuk struktur bagiaan . . .
A. isi C. penutup
B. saran
D. simpulan E.
pembuka
Bacalah
teks berikut dengan saksama!
Kalian
adalah bagian dari estafet kepemimpinan masa depan. Oleh karena itu, kalian
memiliki hak yang sama untuk tumbuh, berkembang, dan mewujudkan cita-cita.
Mari, kita saling menjaga dan menguatkan agar dapat mencapai tujuan bersama.
Bapak ingin sekolah kita menjadi tempat yang menyenangkan bagi kalian.
Budayakan cinta damai dan hindari segala macam bentuk perundungan di sekolah.
26. Permasalahan
yang dibahas dalam kutipan teks tersebut adalah . . .
A. dampak
negatif penggunaan HP bagi peserta didik.
B. pengaruh
buruk media sosial di kalangan pelajar.
C. maraknya
kasus perundungan di sekolah.
D. tindakan
brutal para remaja di sekolah
E. pelangaran
tata tertib di sekolah
27. Berikut
kalimat yang menunjukkan hubungan sebab akibat adalah . . .
A. semoga
hal-hal yang saya sampaikan dapat bermanfaat.
B. akhir-akhir
ini, kasus perundungan di sekolah marak terjadi.
C. kita
sebaiknya jangan terlena dengan prestasi yang telah didapatkan.
D. saya
mohon agar kalian dapat mencermati dan melaksanakan hal-hal yang saya
sampaikan.
E. maraknya
peredaraan obat-obatan terlarang harsu diwaspadai karena dapat merusak masa
depan generasi muda.
Bacalah
teks berikut dengan cermat.
Hadirin
yang saya hormati,
Sebagai generasi muda, sudah selayaknya
kita melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk bangsa Indonesia. Jika mereka
berjuang merebut kemerdekaan, tugas kita adalah berjuangan mempertahkan
kemerdekaan tersebut. Oleh karena itu,
marilah kita isi kemerdekaan ini dengan melakukan hal-hal yang positif.
28. Jika
dilihat dari tujuannya, kutipan ceramah tersebut bersifat . . .
A. naratif
C. persuasif
B. rekreatif
D. deskripstif E.
argumentatif
29. Berikut
yang bukan karakteristik teks ceramah adalah . . .
A. menggunakan
argumentasi untuk memperoleh kemenangan
B. menggunakan
bahasa yang santun dan mudah dipahami
C. isinya
logis, jelas, dan dapat dipertanggungjawabkan
D. strukturnya
terdiri atas pembuka, isi, dan penutup
E. berisi
informasi tentang bidang tertentu
30. Ceramah rekreatif merupakan jenis ceramah yang
bersifat . . .
A. membujuk
C. mendidik
B. menghibur
D. wisata E. santai
Komentar