LATIHAN SOAL  BAHASA INDONESIA 

MATERI TEKS HIKAYAT, TEKS LHO, DAN TEKS ANEKDOT

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang paling tepat pada lembar jawab yang tersedia

 

Cermatilah kedua kutipan berikut dengan saksama untuk menjawab pertanyaan nomor 1-5! Kutipan hikayat (1)

Maka anakanda baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya. Setelah beberapa lamanya, mereka belajar pula ilmu senjata, ilmu hikmat, dan isyarat tipu peperangan. Maka baginda pun bimbanglah, tidak tahu siapa yang patut dirayakan dalam negeri karena anaknya kedua orang itu sama-sama gagah.

Jikalau baginda pun mencari muslihat; ia menceritakan kepada kedua anaknya bahwa ia bermimpi bertemu dengan seorang pemuda yang berkata kepadanya: barang siapa yang dapat mencari buluh perindu yang dipegangnya, ialah yang patut menjadi raja di dalam negeri.

Kutipan cerpen (2)

“Memang ngapain sih Mas, ke Madura segala? Lama lagi!”

“Diajak survei sama salah satu profesor dan kontraktor, untuk perencanaan bangunan besar di sana, Dik Manis! Sekalian penelitian skripsi Mas….”

Ah, soal bangunan dan penelitian skripsi. Lalu kenapa Mas Gagah bisa berubah jadi aneh gara-gara hal tersebut? Pikirku waktu itu.

“Mas ketemu kiai hebat di Madura,” cerita Mas Gagah antusias. “Namanya Kiai Ghufron! Subhanallah, orangnya sangat bersahaja, santri-santrinya luar biasa! Di sana Mas memakai waktu luang Mas untuk mengaji pada beliau. Dan tiba-tiba dunia jadi lebih benderang!” tambahnya penuh semangat. “Nanti kapan-kapan kita ke sana ya, Git.

1.      Pernyatan berikut yang sesuai dengan penggalan hikayat dan cerpen di atas adalah….

A.    Kedua kutipan di atas menggunakan konjungsi di awal kalimat.

B.     Kedua kutipan di atas tidak menggunakan konjungsi di awal kalimat.

C.     Kedua kutipan di atas menggunakan konjungsi di awal dan akhir kalimat.

D.    Kutipan 1, menggunakan konjungsi di awal kalimat sedangkan kutipan 2 tidak menggunakan konjungsi di awal kalimat.

E.     Kutipan pertama menggunakan konjungsi diakhir kalimat sedangkan kutipan 2 menggunakan konjungsi di awal dan akhir kalimat.

2.      Persaman kedua penggalan di atas dilihat dari temanya adalah….

A.    Pendidikan                              C. Kekuasaan

B.     Petualangan                             D. Pengabdian                         E. Keadilan

3.      Persamaan kedua penggalan tersebut adalah…

A.    Kedua kutipan tersebut menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.

B.     Kedua kutipan tersebut menggunakan bahasa yang tidak lazim digunakan.

C.     Kedua kutipan tersebut menggunakan dialog dalam mengungkapkan ceritanya.

D.    Kedua kutipan tersebut menceritakan manfaat dari mengaji yang dilakukannya.

E.     Kedua kutipan tersebut menceritakaa macam-macam ilmu yang dipelajari ketika mengaji.

4.      Kedua kutipan tersebut menjelaskan kebingungan antar tokohnya. Penyebab kebingungan tersebut adalah…

A.    Pada kutipan pertama adalah kebingungan dalam menentukan materi pengajian sedangkan pada kutipan ke dua adalah kebingungan dalam memahami ilmu.

B.     Pada kutipan pertama adalah kebingungan dalam menentukan materi pengajian sedangkan pada kutipan ke dua adalah kebingungan adik terhadap perubahan sikap kakaknya.

C.     Pada kutipan pertama adalah kebingungan dalam menentukan pengganti tahta sedangkan pada kutipan ke dua adalah kebingungan seorang adik dalam melihat perubahan sikap kakaknya.

D.    Pada kutipan pertama adalah kebingungan dalam menentukan kapan mulai mengaji sedangkan pada kutipan ke dua adalah kebingungan dalam memahami ilmu.

E.     Pada kutipan pertama adalah kebingungan dalam menentukan materi pengajian sedangkan pada kutipan ke dua adalah kebingungan dalam melihat perubahan sikap kakaknya.

5.      Nilai yang mendominasi pada kedua kutipan tersebut adalah….

A.    Sosial                          C. Religi

B.     Budaya                        D. Pendidikan                         E. Estetika

Cermatilah kedua kutipan berikut dengan saksama untuk menjawab nomor 6 7!

Kutipan cerpen

Entah darimana asalnya, tiada seorang warga pun yang tahu. Tiba- tiba saja datang ke kampung kami dengan pakaian tampak lusuh. Kami sempat menganggap dia adalah pengemis yang diutus kitab suci. Dia bertubuh jangkung tetapi terkesan membungkuk, barangkali karena usia. Peci melingkar di kepala. Jenggot lebat mengitari wajah. Tanpa mengenakan kacamata, membuat matanya yang hampa terlihat lebih suram, dia menawarkan pijatan dari rumah ke rumah. Kami melihat mata yang bagai selalu ingin memejam, hanya selapis putih yang terlihat.

Kami pun penasaran ingin merasakan pijatannya. Maklum, tak ada tukang pijat di kampung kami, apalagi yang keliling. Biasanya kami saling pijat-memijat dengan istri di rumah masing-masing, itu pun hanya sekadarnya. Kami harus menuju ke dukun pijat di kampung sebelah bila ingin merasakan pijatan yang sungguh-sungguh atau mengurut tangan kaki kami yang terkilir.

Kutipan hikayat

Maka Si Miskin itupun sampailah ke penghadapan itu. Setelah dilihat oleh orang banyak, Si Miskin laki bini dengan rupa kainnya seperti dimamah anjing rupanya. Maka orang banyak itupun ramailah ia tertawa seraya mengambil kayu dan batu. (Hikayat Si Miskin)

6.      Majas yang digunakan pada kedua kutipan di atas adalah…

A.    Alegori                        C. Antonomasia

B.     Simile                          D. Hiperbola                           E. Pleonasme

7.      Nilai yang mendominasi pada kedua kutipan tersebut adalah nilai….

A.    Agama                         C. Pendidikan

B.     Sosial                          D. Budaya                               E. Estetika

Cermatilah kedua kutipan berikut dengan saksama untuk menjawab nomor 8 9!

Kutipan cerpen

Jam dinding rumahku menunjukkan pukul 19.00 WIB. Setelah shalat berjamaah, kami sekeluarga pun makan malam bersama. Ada ayah, ibu dan aku. Memang benar aku adalah anak tunggal. Sebelum kami menghabiskan makan malam, ibu berkata jika ibu akan menginap di rumah nenek selama 2 hari untuk merawat nenek yang sedang sakit. (Perasan seprang Ibu)

Kutipan hikayat

Adapun Raja Kabir itu takluk kepada Buraksa dan akan menyerahkan putrinya, Puteri Kemala Sari sebagai upeti. Kalau tiada demikian, negeri itu akan dibinasakan oleh Buraksa. Ditambahkannya bahwa Raja Kabir sudah mencanangkan bahwa barang siapa yang dapat membunuh Buraksa itu akan dinikahkan dengan anak perempuannya yang terlalu elok parasnya itu. Hatta berapa lamanya Puteri Kemala Sari pun sakit mata, terlalu sangat. (Hikayat Indera Sri Bagawan)

8.      Nilai budaya yang ada pada kedua penggalan tersebut adalah….

A.    Makan bersama dan membayar upeti

B.     Sholat berjamah dan membayar upeti

C.     Menengok orang tua dan membayar upeti.

D.    Shalat bersama dan mengadakan sayembara

E.     Makan bersama dan menyembuhkan penyakit

9.      Pada kutipan hikayat dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahasanya adalah….

A.    Menggunakan banyak majas majas

B.     Menggunakan kata penghubung di awal kalimat

C.     Menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari

D.    Menggunakan kata-kata arkais di setiap kalimat

E.     Menggunakan kata penghubung di awal kalimat dan kata arkais

10.  Cermati kutipan tersebut berikut!

Istri sang raja sudah meninggal ketika melahirkan anaknya yang bungsu sehingga anak sang raja diasuh oleh inang pengasuh. Putri-putri raja menjadi manja dan nakal. Mereka hanya suka bermain di danau. Mereka tak mau belajar dan juga tak mau membantu ayah mereka. Ada dua nilai yang terkandung dalam kutipan tersebut, yaitu nilai .…

A.    sosial dan moral

B.     agama dan moral

C.     budaya dan sosial

D.    edukasi dan sosial

E.     edukasi dan moral

11.  Maka anakanda baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya.

Kata arkais yang bergaris bawah pada penggalan hikayat di atas memiliki makna…

A.    Diusir                          C. Diperintah

B.     Diminta                       D. Diizinkan               E. Diharapkan

12.  Pengganti Hang Tuah di keraton adalah Hang Jebat. Sesungguhnya, ia menaruh dendam atas keputusan raja yang dijatuhkan kepada sahabatnya, Hang Tuah. Karena setia kepada sahabatnya, ia mengamuk di keraton. Putri-putri dan dayang-dayang diperlakukan kurang sopan sehingga banyak jugalah orang yang mati karena kerisnya, yang diberikan Hang Tuah kepadanya. Tiada seorang pun yang berani mendinginkan sehingga raja sendiri pun terlibat pula dalam kesulitan dan ketakutan.

Dari kutipan cerita di atas kita dapat mengetahui bahwa Hang Jebat berwatak ….

A.    Pemberani                    C. Sombong

B.     Baik budi                     D. Setia                       E. kasar

13.  Maka kata Indera Bangsawan, “Hamba ini tiada bernama dan tiada tahu akan bapak Hamba, karena diam dalam hutan rimba belantara. Adapun sebabnya hamba kemari ini karena hamba mendengar khabar anak raja sembilan orang hendak datang membunuh buraksa dan merebut tuan hamba dari padanya itu, itulah maka hamba datang kemari hendak melihat tamasya anak raja itu. Mengasihani hamba dan pada bicara akal hamba akan anak raja-raja yang sembilan itu tiadalah dapat membunuh buraksa itu. Jika lain daripada Indera Bangsawan tiada dapat membunuh akan buraksa itu.

Amanat yang tersirat dalam kutipan sastra klasik tersebut adalah …

A.    Basmilah jika melihat kejahatan

B.     Jangan menyombongkan diri

C.     Tunjukkanlah jika memiliki suatu kemampuan

D.    Hendaklah menolong orang dalam kesulitan

E.     Bersyukurlah jika mendapat pertolongan

14.  Maka tiadalah terjawab oleh laki-laki itu. Maka disuruh oleh Masyhudulhakk jauhkan laki-laki Bedawi itu. Setelah itu maka dipanggilnya pula orang tua itu. Maka kata Masyhudulhakk, “Hai orang tua, sungguhlah perempuan itu istrimu sebenar-benamya?”

Konjungsi yang menyatakan urutan waktu atau peristiwa pada penggalan hikayat di atas adalah…

A.    Kemudian                    C. Maka

B.     Lalu                             D. Setelah itu                          E. Selanjutnya

Bacalah teks laporan hasil observasi berikut ini untuk menjawab pertanyaan nomor 15 dan 16!

Berdasarkan hasil pengamatan, tubuh kunang-kunang betina lebih besar dibandingkan kunang-kunang jantan. Tubuh kunang-kunang terdiri dari tiga bagian: kepala, thorax, dan perut (abdomen). Kunang-kunang memiliki dua pasang sayap. Sepasang sayap penutup yang bertekstur keras melindungi sayap di bawahnya sekaligus melindungi tubuh kunang-kunang. Panjang badannya sekitar 2cm. Hampir seluruh bagian tubuh kunang-kunang berwarna gelap dan berwarna titik merah pada bagian penutup kepala. Warna kuning pada bagian penutup sayap, bermata majemuk, dan berkaki enam.

15.                   Teks laporan hasil observasi tersebut termasuk dalam struktur …

A.  Orientasi                                      C. definisi bagian

B.  definisi manfaat                           D. klasifikasi                     E. Pernyataan umum

16.                   Informasi yang sesuai dengan teks di atas adalah …

A.  Kunang-kunang memiliki sepasang sayap.

B.  Tubuh kunang-kunang betina lebih kecil daripada kunang-kunang jantan.

C.  Tubuh kunang-kunang jantan lebih besar daripada kunang-kunang betina.

D.  Tubuh kunang-kunang betina lebih besar daripada kunang-kunang jantan.

E.   Tubuh kunang-kunang betina sama besarnya dengan kunang-kunang jantan.

17.                   Bacalah kutipan teks berikut ini!

Tonggeret termasuk jenis hewan herbivora. Tonggeret dewasa mengisap sari makanan dari batang pohon menggunakan mulutnya yang seperti jarum. Saat masih berbentuk nimfa, tonggeret menghisap cairan dari akar pohon untuk bertahan hidup.

Kata bercetak miring pada kutipan di atas memiliki arti …

A.  hewan pemakan segala

B.  hewan pemakan daging

C.  hewan pemakan tumbuh-tumbuhan

D.  hewan yang aktif pada malam hari

E.   hewan yang aktif pada siang hari

Bacalah teks berikut ini untuk menjawab pertanyaan nomor 18 dan 19!

Kunang-kunang hidup ditempat-tempat lembab, seperti rawa-rawa, hutan bakau, dan daerah yang di penuhi pepohonan. Kunang-kunang juga di temukan pada daerah perkuburan yang tanahnya relatif gembur dan tidak banyak terganggu oleh aktivitas manusia. Kunang-kunang bertelur saat hari gelap. Telur-telurnya yang berjumlah antara 100 hingga 500 butir di letakkan ditanah, ranting, rumput, ditempat berlumut atau dibawah dedaunan.

18.                   Berdasarkan teks di atas maka gagasan pokok yang paling tepat adalah …

A.  Tempat hidup kunang-kunang.

B.  Kunang-kunang aktif di malam hari.

C.  Kunang-kunang dapat ditemukan di daerah perkuburan.

D.  Kunang-kunang hidup di rawa-rawa.

E.   Kunang-kunang hidup di tempat berlumut.

19.                   Perbaikan kata bercetak miring yang paling tepat adalah …

A.  di tempat-tempat, di penuhi, di temukan, diletakkan, di tanah, di tempat, di bawah

B.  di tempat-tempat, dipenuhi, ditemukan, diletakkan, di tanah, di tempat, di bawah

C.     di tempat-tempat, dipenuhi, ditemukan, diletakkan, ditanah, ditempat, dibawah

D.    di tempat-tempat, di penuhi, ditemukan, di letakkan, di tanah, di tempat, di bawah

E.     ditempat-tempat, dipenuhi, ditemukan, diletakkan, ditanah, ditempat, dibawah

Cermati paragraf berikut ini untuk menjawab pertanyaan nomor 20 dan 21!

Selain untuk dipamerkan, benda-benda di D’Topeng ini juga dimanfaatkan sebagai media pelestarian budaya. Selanjutnya, D’Topeng berfungsi pula sebagai museum, yaitu sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan ilegal.

20.                   Dalam struktur teks laporan hasil observasi paragraf tersebut termasuk dalam bagian …

A.    deskripsi bagian                      C. pernyataan umum              

B.     pernyataan bagian                   D. pernyataan manfaat                        E. Deskripsi manfaat

21.                   Istilah yang digunakan dalam penggalan teks di atas adalah …

A.      Media                                      C. pamerkan

B.       Fungsi                                      D. konservasi                          E. Manfaat

Cermati paragraf berikut!

(1) Saat ini dunia pendidikan tengah menghadapi masalah yang cukup sulit, di antaranya kurikulum 2013 belum dipahami sepenuhnya. (2) Tambahan lagi, konsep Menteri Pendidikan yang baru, Nadiem Makarim, tentang Indonesia Merdeka Belajar. (3) Kemudian, muncul lagi  kurikulum penyederhanaan dalam kondisi darurat. (4) Hal ini juga membuat para guru makin gamang tentanf pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik. (5) Permasalahan-permasalahan tersebut merupakan tantangan bagi para guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

22.                   Gagasan pokok yang tepat terdapat pada nomor …

A.    (1)                                  C. (3)

B.     (2)                                  D. (4)                           E. (5)

Cermati paragraf berikut ini!

(1) Kupu-kupu adalah serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera (serangga bersayap sisik). (2) Kupu-kupu umumnya melakukan aktivitasnya di waktu siang (diurnal). (3) Mereka umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/sari kembang). (4) Sedangkan pada malam hari kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya di ranting pohon. (5) Kupu-kupu memiliki warna sayap yang bervariasi dan indah sehingga banyak diburu orang untuk koleksi.

23.                   Kalimat definisi ditandai pada nomor …

A.    (5)                               C. (3)              

B.     (4)                               D. (2)                           E. (1)  

Cermati kalimat-kalimat berikut!

1)   Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan lain sebagainya.

2)   Sampah ini dapat diolah menjadi kompos.

3)   Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan lain sebagainya.

4)   Berdasarkan sifatnya, sampah bagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik.

5)   Sampah anorganik di daur ulang oleh industri rumahan untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai peluang usaha.

6)   Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau undegradable.

7)   Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan atau degradable.

24.  Susunanlah kalimat di atas menjadi sebuah paragraf yang baik …

  1. 4 – 7 – 1 – 2 – 6 – 5 – 3
  2. 4 – 7 – 2 – 1 – 6 – 3 – 5
  3. 4 – 7 – 1 – 2 – 3 – 5 – 6
  4. 4 – 7 – 1 – 2 – 6 – 3 – 5
  5. 4 – 7 – 2 – 1 – 6 – 5 – 3

Bacalah teks anekdot berikut!

(1) Seorang pria datang ke rumah sakit dengan kedua telinganya terkena luka bakar.

(2) Dokter       : “Apa keluhan Saudara?”

(3) Pasien        : “Begini, Dok, tadi pagi saya sedang menyetrika pakaian. Tiba-tiba telepon

                      genggam saya berbunyi. Secara refleks, setrika itu saya tempelkan di telinga

                      kanan saya, Dok.”

(4) Dokter       : “Oh, begitu. Saya paham keluhan Saudara. Lalu, telinga yang satunya lagi

                mengapa juga sama dengan telinga kanan?”

(5) Pasien        : “Nah, itu Dok. Telepon genggam saya berbunyi untuk kedua kalinya.”

25.   Struktur teks anekdot bagian abstraksi ditunjukkan oleh kalimat nomor?

A.    5                                     D. 2

B.     4                                     E. 1

C.     3

Cermati kalimat-kalimat berikut!

(1) Bu guru pun tersenyum. (2) “Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita?” tanya bu guru di depan kelas. (3) Bu guru bertanya, “Kenapa disebut hukum kantong kresek?” (4) Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang. (5) “Hukum kantong kresek Bu,” kata anak itu. (6) “Hanya bisa menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.”

26.  Susunlah anekdot tersebut sesuai dengan strukturnya!

A.  (1) – (2) – (3) – (4) – (5) – (6)

B.  (1) – (2) – (4) – (5) – (3) – (6)

C.  (2) – (4) – (5) – (3) – (6) – (1)

D.  (2) – (4) – (5) – (6) – (3) – (1)

E.   (3) – (2) – (1) – (4) – (5) – (6)

27.  Kalimat berikut ini yang termasuk dalam anekdot adalah …

A.    Hei, jangan kau putar-putar buku sejarah itu, nanti pahlawannya pusing.

B.     Bapak tahu nggak, saya ini anak jenderal.

C.     Bencana alam datang silih berganti.

D.    Kita harus berjuang sampai titik darah penghabisan.

E.     Ia menundukkan kepala dan badannya untuk memberi hormat kepada kami.

28.  Kalimat berikut ini manakah yang termasuk kalimat retoris?

A.    “Lantas, kenapa tidak diberi uang baru, Nek?” Juriyah bertanya lagi.

B.     “Mau jadi apa kamu besar nanti?”

C.     Lalu, apa peduliku dengan siapa yang akan kulayani? Toh, bebanku sama saja.”

D.    “Ibu tahu tidak persamaan Ibu dengan macan?”

E.     “Naik apa kamu ke sini?”

29.  Bacalah penggalan teks anekdot berikut ini!

Sambil menggendong Rizki, Juriyah menghampiri sang nenek yang sedang mencuci di belakang rumah. Juriyah hendak membantu Rizki meminta uang jajan agar ia berhenti menangis.

Berdasarkan penggalan teks di atas, yang tidak termasuk kata kerja aksi adalah …

A.    menggendong                                     D. di belakang

B.     mencuci                                               E. menangis                

C.     membantu

30.  Bacalah penggalan teks anekdot berikut ini! 

Seorang pelaut berdiri di atas kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai. “Seandainya keadaan keluargaku seperti ini pasti kebahagiaan yang ada”.Tetapi kemudian badai ganas menghadang hingga kapalnya oleng hampir tenggelam.

Berdasarkan penggalan teks di atas, konjungsi urutan waktu ditandai kata …

A.    kemudian                                           D. tetapi

B.     dan                                                     E. yang           

C.     seandainya


Komentar

Postingan populer dari blog ini