KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL
TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Kisi-kisi soal merupakan suatu tabel yang berisi
kriteria mengenai soal-soal yang hendak disusun. Dalam kisi-kisi yang
lengkap sejatinya memuat materi-materi yang akan menjadi pegangan dalam
penyusunan soal, baik pokok bahasan ataupun bahan pengajaran yang akan diujikan
kepada peserta didik. Jadi, Mari cermati dengan saksama kisi-kisi PAS mapel
Bahasa Indonesia Kelas XII & XI. JANGAN
SAMPAI KELIRU YA…
Jenjang Pendidikan : Sekolah Menegah Kejuruan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kurikulum : K 2013
Alokasi Waktu : 90 Menit
Kelas : XII
Jumlah Soal : 40
Bentuk Soal : 35 Pilgan 5 Esai
KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL
Jenjang Pendidikan : Sekolah Menegah Kejuruan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kurikulum : K 2013
Alokasi Waktu : 90 Menit
Kelas : XI
Jumlah Soal : 35
Bentuk Soal : 30 Pilgan 5 Esai
|
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|
1 |
Mengidentifikasiteksprosedur |
Teks Prosedur |
Siswadapatmengidentifikasiteksprosedur |
C1 (Mengingat) |
Pilgan |
1 |
|
2 |
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur |
Teks Prosedur |
Siswa dapat menganalisisteksprosedur |
C1 (Mengingat) |
Pilgan |
2 |
|
3 |
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur |
Teks Prosedur |
Siswa dapat menganalisiskebahasaanteksprosedur |
C1 (Mengingat) |
Pilgan |
3 |
|
4 |
Mengembangkan teks prosedur
dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi,struktur, dan kebahasaan |
Teks prosedur |
Disajikan sebuah teks prosedur, siswa dapat menegurutkanteks prosedur |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
4 |
|
5 |
Mengembangkan teks prosedur
dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi,struktur, dan kebahasaan |
Teks prosedur |
Disajikan sebuah teks prosedur, siswa dapat menentukankalimatsederhanadalamteks prosedur |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
5 |
|
6 |
Mengembangkan teks prosedur
dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi,struktur, dan kebahasaan |
Teks prosedur |
Disajikan sebuah teks prosedur, siswa dapat mengurutkanteks prosedurdengantepat |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
6 |
|
7 |
Mengembangkan teks prosedur
dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi,struktur, dan kebahasaan |
Teks prosedur |
Disajikan sebuah teks prosedur, siswa dapat menentukankalimatdalamteks prosedur |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
7 |
|
8 |
Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalamteks ekplanasi lisan dan tulis |
Teks eksplanasi |
Siswadapatmenentukankonjungsikausalitasdalamtekseksplanasi |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
8 |
|
9 |
Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalamteks ekplanasi lisan dan tulis |
Teks eksplanasi |
Siswadapatmenyebutkantujuantekseksplanasi |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
9 |
|
10 |
Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalamteks ekplanasi lisan dan tulis |
Teks eksplanasi |
Siswadapatmenentukanstrukturtekseksplanasi |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
10 |
|
11 |
Mengkontruksi informasi (pengetahuan
danurutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis |
Teks eksplanasi |
Siswa dapat menjelaskantopikdalam teks eksplanasidenganteliti |
C1 (Mengingat) |
Pilgan |
11 |
|
12 |
Mengkontruksi informasi (pengetahuan
danurutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis |
Teks eksplanasi |
Siswa dapat menunjukkansikaptelitidalammengkontruksitekseksplanasisecara lisan dan tulis |
C1 (Mengingat) |
Pilgan |
12 |
|
13 |
Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalamteks ekplanasi lisan dan tulis |
Teks eksplanasi |
Siswadapatmendeskripsikanobjektekseksplanasi |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
13 |
|
14 |
Mengalisisinformasiberupapermasalahan
actual yang disajikandalamceramahdenganbidangpekerjaan |
Teks ceramah |
Siswadapatmenjelaskanpengertianteksceramah |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
14 |
|
15 |
Menganalisis isi struktur dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan
bidang pekerjaan |
Teks ceramah |
Siswadapatmenyebutkantujuanteksceramah |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
15 |
|
16 |
Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan
untuk disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan |
Teks ceramah |
Siswadapatmenjelaskanstrukturisiteksceramah |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
16 |
|
17 |
Mengkontruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan
aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat |
Teks ceramah |
Siswadapatmenjelaskansalampenutupteksceramah |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
17 |
|
18 |
Mengkontruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan
aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat |
Teks ceramah |
Siswadapatmengindentifikasiciriteksceramah |
C4(Menganalisis) |
Pilgan |
18 |
|
19 |
Mengkontruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan
aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat |
Teks ceramah |
Siswadapatmengindentifikasiciriteksceramah |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
19 |
|
20 |
Mengkontruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan
aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat |
Teks ceramah |
Siswadapatmengindentifikasistrukturisiteksceramah |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
20 |
|
21 |
Mendeskripsikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan atau
nonfiksi berkiaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca |
Tekscerpen |
Siswadapatmenganalisisnilai-nilaikehidupandalamcerpen |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
21 |
|
22 |
Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca |
Tekscerpen |
Siswadapatmenganalisisunsurinstrinsik (sudutpandang)dalamcerpen |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
22 |
|
23 |
Menyusun ulasan terhadap kesan dari satu buku fiksi yang dibaca |
Tekscerpen |
Siswadapatmenganalisisunsurinstrinsik(amanat)dalamcerpen |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
23 |
|
24 |
Menyusun ulasan terhadap kesan dari satu buku fiksi yang dibaca |
Tekscerpen |
Siswadapatmenganalisisunsurinstrinsik(watak)dalamcerpen |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
24 |
|
25 |
Menyusun ulasan terhadap kesan dari satu buku fiksi yang dibaca |
Tekscerpen |
Siswadapatmenganalisisunsurinstrinsik
(latar)dalamcerpen |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
25 |
|
26 |
Menyusun ulasan terhadap kesan dari satu buku fiksi yang dibaca |
Tekscerpen |
Siswadapatmenganalisisunsurinstrinsik
(alur)dalamcerpen |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
26 |
|
27 |
Menyusun ulasan terhadap kesan dari satu buku fiksi yang dibaca |
Tekscerpen |
Siswadapatmenganalisisunsurekstrinsikdalamcerpen |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
27 |
|
28 |
Mengidentifikasiteksprosedur |
Teks Prosedur |
Siswadapatmengidentifikasiteksprosedur |
C1 (Mengingat) |
Pilgan |
28 |
|
29 |
Mengidentifikasiteksprosedur |
Teks Prosedur |
Siswadapatmengidentifikasiciriutamateksprosedur |
C1 (Mengingat) |
Pilgan |
29 |
|
30 |
Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalamteks ekplanasi lisan dan tulis |
Teks eksplanasi |
Siswadapatmengidentifikasiulasandalamtekseksplanasi |
C4 (Menganalisis) |
Pilgan |
30 |
|
1 |
Mengembangkan teks prosedur
dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi,struktur, dan kebahasaan |
Teks prosedur |
Disajikan sebuah teks prosedur, siswa dapat menegurutkanteks prosedurdenganbenar |
C4 (Menganalisis) |
Esai |
1 |
|
2 |
Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalamteks ekplanasi lisan dan tulis |
Teks eksplanasi |
Siswadapatmenentukangejala/fenomenadalamtekseksplanasi |
C4 (Menganalisis) |
Esai |
2 |
|
3 |
Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalamteks ekplanasi lisan dan tulis |
Teks eksplanasi |
Siswadapatmengidentifikasipernyataanumumdalamtekseksplanasi |
C4 (Menganalisis) |
Esai |
3 |
|
4 |
Mengkontruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan
aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat |
Teks ceramah |
Siswadapatmengindentifikasistrukturteksceramah |
C4 (Menganalisis) |
Esai |
4 |
|
5 |
Menyusun ulasan terhadap kesan dari satu buku fiksi yang dibaca |
Tekscerpen |
Siswadapatmenganalisisunsurinstrinsik (amanat)
dalamcerpen |
C4 (Menganalisis) |
Esai |
5 |
Komentar