KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL

TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 

Kisi-kisi soal merupakan suatu tabel yang berisi kriteria mengenai soal-soal yang hendak disusun. Dalam kisi-kisi yang lengkap sejatinya memuat materi-materi yang akan menjadi pegangan dalam penyusunan soal, baik pokok bahasan ataupun bahan pengajaran yang akan diujikan kepada peserta didik. Jadi, Mari cermati dengan saksama kisi-kisi PAS mapel Bahasa Indonesia Kelas XII & XI. JANGAN SAMPAI KELIRU YA

Jenjang Pendidikan                 : Sekolah Menegah Kejuruan

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kurikulum                               : K 2013

Alokasi Waktu                        : 90 Menit

Kelas                                       : XII

Jumlah Soal                             : 40

Bentuk Soal                            : 35 Pilgan 5 Esai

No

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

2

3

4

5

6

1

3.1  Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca

 

Surat lamaran pekerjaan

Disajikan sebuah data , peserta didik mampu menentukan bagian surat lamaran kerja

PG

1

 

 

 

Siswa dapat menyebutkan sistematika surat lamaran pekerjaan

Esai

1

 

.

 

Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menyebutkan cara penulisan alamat surat yang tepat.

PG

2

 

 

 

Disajikan sebuah ilustrasi pengumuman lowongan kerja, siswa diminta untuk membuat kalimat pembuka dengan tepat.

PG

3

 

 

 

siswa dapat menentukan penulisan alamat surat yang tepat.

PG

4

 

 

 

Disajikan  sebuah penggalan iklan, siswa dapat menentukan sumber lowongan pekerjaan

PG

5

 

 

 

Disajikan penggalan kalimat surat lamaran pekerjaan, siswa diminta untuk memperbaiki kalimat surat.

PG

6

 

 

 

Siswa dapat menentukan penulisan pembukaan surat lamaran pekerjaan sesuai dengan iklan dengan tepat.

PG

7

 

 

 

Disajikan penggalan surat balasan lamaran pekerjaan, siswa diminta memperbaiki dengan bahasa yang santun.

PG

8

 

 

 

Siswa diminta menentukan alinea pembuka surat lamaran pekerjaaan berdasarkan iklan dengan tepat.

PG

9

 

 

 

Siswa diminta membuat kalimat penutup surat lamaran pekerjaan

Esai

2

2.

1.2.         Menganalisis informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis

 

Cerita Sejarah

Siswa diminta menyebutkan pengertian novel sejarah

PG

10

3.

4.2 Menganalisis kebahasaan  cerita atau novel sejarah.

 

Disajikan sebuah penggalan novel sejarah, siswa diminta menyebutkan ciri bahasa yang terkandung dalam kutipan tersebut.

PG

12

 

 

 

Siswa dapat menentukan jenis rekon

 

13

 

 

 

Siswa diminta menyebutkan struktur teks cerita sejarah.

Esai

3

 

 

 

Disajikan sebuah kutipan cerita sejarah, siswa diminta menyebutkan ciri kebahasaan yang terkandung dalam kutipan cerita.

PG

14

 

 

 

Siswa diminta menentukan yang bukan merupakan ciri kebahasaan cerita sejarah.

PG

15

 

 

 

Siswa diminta menentukan kalimat yang mengandung kata kerja mental

PG

16

 

 

 

Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang tidak terdapat dalam novel sejarah.

PG

17

 

 

 

Disajikan sebuah cuplikan teks sejarah, siswa diminta menentukan tahapan atau struktur cuplikan tersebut.

PG

18

4.

4.3 Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan

Teks editorial

Disajikan sebuah cuplikan teks editorial. Siswa diminta untuk menentukan opini dalam cuplikan teks.

PG

19

 

 

 

Disajikan sebuah teks editorial, siswa diminta menyebutkan keberpihakan penulis

PG

20

 

 

 

Disajikan sebuah teks editorial, siswa diminta menentukan gagasan utama.

PG

21

 

 

 

Disajikan sebuah teks editorial, siswa diminta menentukan opini penulis.

PG

22

 

 

 

Disajikan sebuah teks editorial, siswa diminta menentukan masalah yang terkandung dalam teks.

PG

23

 

 

 

Siswa dapat menentukan kalimat fakta.

PG

24

 

 

 

Disajikan sebuah kutipan teks editorial, siswa diminta menentukan pernyataan yang merupakan isi berita atau teks.

PG

25

 

 

 

Disajikan beberapa kalimat pernyataan, siswa diminta menentukan pernyataan yang termasuk fakta.

PG

26

 

 

 

Siswa diminta untuk membuat kalimat fakta dan opini.

Esai

4

5.

3.7 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca

Novel

Disajikan sebuah kutipan novel, siswa diminta menentukan nilai dari kutipan novel tersebut.

PG

27

 

 

 

Disajikan sebuah kutipan novel, siswa diminta menentukan sudut pandang kutipan novel.

PG

28

 

 

 

Disajikan sebuah kutipan novel, siswa diminta menentukan amanat dari kutipan novel tersebut.

PG

29

 

 

 

Disajikan sebuah kutipan novel, siswa diminta menentukan suasana dari kutipan novel tersebut.

PG

30

 

 

 

Disajikan sebuah dialog, siswa diminta untuk menentukan watak tokoh dalam dialog.

PG

31

 

 

 

Disajikan sebuah kutipan novel, siswa diminta menentukan ciri kebahasaan novel.

PG

32

 

 

 

Disajikan sebuah kutipan novel, siswa diminta menentukan latar novel.

PG

33

 

 

 

Disajikan sebuah kutipan novel, siswa diminta menentukan salah satu struktur novel.

PG

34

 

 

 

Disajikan sebuah kutipan novel, siswa diminta menentukan salah satu unsur intrinsik yang terkandung dalam novel

PG

35

 

 

 

 

Siswa diminta menyebutkan unsur intrinsik

Esai

5


KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL

Jenjang Pendidikan                 : Sekolah Menegah Kejuruan

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kurikulum                               : K 2013

Alokasi Waktu                        : 90 Menit

Kelas                                       : XI

Jumlah Soal                             : 35

Bentuk Soal                            30 Pilgan 5 Esai

No

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

2

3

4

5

6

7

1

Mengidentifikasiteksprosedur

Teks Prosedur

Siswadapatmengidentifikasiteksprosedur

C1

(Mengingat)

Pilgan

1

2

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur

Teks Prosedur

Siswa dapat menganalisisteksprosedur

C1

(Mengingat)

Pilgan

2

3

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur

Teks Prosedur

Siswa dapat menganalisiskebahasaanteksprosedur

C1

(Mengingat)

Pilgan

3

4

Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi,struktur, dan kebahasaan

Teks prosedur

Disajikan  sebuah teks prosedur, siswa dapat menegurutkanteks prosedur

C4

(Menganalisis)

Pilgan

4

5

Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi,struktur, dan kebahasaan

Teks prosedur

Disajikan  sebuah teks prosedur, siswa dapat menentukankalimatsederhanadalamteks prosedur

C4

(Menganalisis)

Pilgan

5

6

Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi,struktur, dan kebahasaan

Teks prosedur

Disajikan  sebuah teks prosedur, siswa dapat mengurutkanteks prosedurdengantepat

C4

(Menganalisis)

Pilgan

6

7

Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi,struktur, dan kebahasaan

Teks prosedur

Disajikan  sebuah teks prosedur, siswa dapat menentukankalimatdalamteks prosedur

C4

(Menganalisis)

Pilgan

7

8

Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalamteks ekplanasi lisan dan tulis

Teks eksplanasi

Siswadapatmenentukankonjungsikausalitasdalamtekseksplanasi

C4 (Menganalisis)

Pilgan

8

9

Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalamteks ekplanasi lisan dan tulis

Teks eksplanasi

Siswadapatmenyebutkantujuantekseksplanasi

C4 (Menganalisis)

Pilgan

9

10

Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalamteks ekplanasi lisan dan tulis

Teks eksplanasi

Siswadapatmenentukanstrukturtekseksplanasi

C4 (Menganalisis)

Pilgan

10

11

Mengkontruksi informasi (pengetahuan danurutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis

Teks eksplanasi

Siswa dapat menjelaskantopikdalam teks eksplanasidenganteliti

C1

(Mengingat)

Pilgan

11

12

Mengkontruksi informasi (pengetahuan danurutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis

Teks eksplanasi

Siswa dapat menunjukkansikaptelitidalammengkontruksitekseksplanasisecara lisan dan tulis

C1

(Mengingat)

Pilgan

12

13

Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalamteks ekplanasi lisan dan tulis

Teks eksplanasi

Siswadapatmendeskripsikanobjektekseksplanasi

C4 (Menganalisis)

Pilgan

13

14

Mengalisisinformasiberupapermasalahan actual yang disajikandalamceramahdenganbidangpekerjaan

Teks ceramah

Siswadapatmenjelaskanpengertianteksceramah

C4 (Menganalisis)

Pilgan

14

15

Menganalisis isi struktur dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan

Teks ceramah

Siswadapatmenyebutkantujuanteksceramah

C4 (Menganalisis)

Pilgan

15

16

Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan

Teks ceramah

Siswadapatmenjelaskanstrukturisiteksceramah

C4 (Menganalisis)

Pilgan

16

17

Mengkontruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat

Teks ceramah

Siswadapatmenjelaskansalampenutupteksceramah

C4 (Menganalisis)

Pilgan

17

18

Mengkontruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat

Teks ceramah

Siswadapatmengindentifikasiciriteksceramah

C4(Menganalisis)

Pilgan

18

19

Mengkontruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat

Teks ceramah

Siswadapatmengindentifikasiciriteksceramah

C4 (Menganalisis)

Pilgan

19

20

Mengkontruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat

Teks ceramah

Siswadapatmengindentifikasistrukturisiteksceramah

C4 (Menganalisis)

Pilgan

20

21

Mendeskripsikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan atau nonfiksi berkiaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca

Tekscerpen

Siswadapatmenganalisisnilai-nilaikehidupandalamcerpen

C4 (Menganalisis)

Pilgan

21

22

Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca

Tekscerpen

Siswadapatmenganalisisunsurinstrinsik (sudutpandang)dalamcerpen

C4 (Menganalisis)

Pilgan

22

23

Menyusun ulasan terhadap kesan dari satu buku fiksi yang dibaca

Tekscerpen

Siswadapatmenganalisisunsurinstrinsik(amanat)dalamcerpen

C4 (Menganalisis)

Pilgan

23

24

Menyusun ulasan terhadap kesan dari satu buku fiksi yang dibaca

Tekscerpen

Siswadapatmenganalisisunsurinstrinsik(watak)dalamcerpen

C4 (Menganalisis)

Pilgan

24

25

Menyusun ulasan terhadap kesan dari satu buku fiksi yang dibaca

Tekscerpen

Siswadapatmenganalisisunsurinstrinsik (latar)dalamcerpen

C4 (Menganalisis)

Pilgan

25

26

Menyusun ulasan terhadap kesan dari satu buku fiksi yang dibaca

Tekscerpen

Siswadapatmenganalisisunsurinstrinsik (alur)dalamcerpen

C4 (Menganalisis)

Pilgan

26

27

Menyusun ulasan terhadap kesan dari satu buku fiksi yang dibaca

Tekscerpen

Siswadapatmenganalisisunsurekstrinsikdalamcerpen

C4 (Menganalisis)

Pilgan

27

28

Mengidentifikasiteksprosedur

Teks Prosedur

Siswadapatmengidentifikasiteksprosedur

C1

(Mengingat)

Pilgan

28

29

Mengidentifikasiteksprosedur

Teks Prosedur

Siswadapatmengidentifikasiciriutamateksprosedur

C1

(Mengingat)

Pilgan

29

30

Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalamteks ekplanasi lisan dan tulis

Teks eksplanasi

Siswadapatmengidentifikasiulasandalamtekseksplanasi

C4 (Menganalisis)

Pilgan

30

1

Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi,struktur, dan kebahasaan

Teks prosedur

Disajikan  sebuah teks prosedur, siswa dapat menegurutkanteks prosedurdenganbenar

C4

(Menganalisis)

Esai

1

2

Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalamteks ekplanasi lisan dan tulis

Teks eksplanasi

Siswadapatmenentukangejala/fenomenadalamtekseksplanasi

C4 (Menganalisis)

Esai

2

3

Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalamteks ekplanasi lisan dan tulis

Teks eksplanasi

Siswadapatmengidentifikasipernyataanumumdalamtekseksplanasi

C4 (Menganalisis)

Esai

3

4

Mengkontruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat

Teks ceramah

Siswadapatmengindentifikasistrukturteksceramah

C4 (Menganalisis)

Esai

4

5

Menyusun ulasan terhadap kesan dari satu buku fiksi yang dibaca

Tekscerpen

Siswadapatmenganalisisunsurinstrinsik (amanat) dalamcerpen

C4 (Menganalisis)

Esai

5




Komentar

Postingan populer dari blog ini