BERPENDAPAT MELALUI DEBAT
Pada pembelajaran kali ini, kalian mendalami materi mengenai berdebat dengan indah. Nah, sebelum bermendalami materi tersebut. Mari terlebih dahulu ketahui tujuan dari pembelajaran materi ini. Ternyata setelah mempelajari materi ini, diharapkan peserta didik mampu :
a. merumuskan esensi debat
b. mengindentifikasi unsur-unsur debat
c. merumuskan tata cara debat
Nah, Jika sudah mengetahui tujuan dari pembelajaran yang akan dicapai pada materi ini maka kita dalami materi ini dengan saksama.
Debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak. Apabila perlu, ditambah dengan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Hasil debat biasanya menghasilkan sudut pandang baru yang bisa diterima oleh kedua belah pihak.
Adapun unsur-unsur debat adalah :
1. Mosi
2. Tim Afirmasi
3. Tim Oposisi
4. Tim Netral
5. Moderator
6. Penulis
Mosi adalah permasalahan yang diperdebatkan. Mosi dapat diketahui dari judul dan pendapat yang disampaikan pihak-pihak yang berdebat.
Selain itu pula, ada ragam bahasa yang digunakan dalam berdebat adalah ragam ilmiah yang harus memenuhi ciri berikut.
1. Sesuai dengan kaidah bahasa baku, baik kaidah tata ejaan maupun tata bahasa (pembentukan kata, frasa, klausa, kalimat, dan paragraf)
2. Ide yang diungkapkan harus sesuai dengan fakta dan dapat diterima akal sehat (logis), harus tepat, dan hanya memiliki satu makna, padat, langsung menuju sasaran, runtun, dan sistematis dan tersaji sebagai kalimat yang efektif.
3. Kata yang dipilih memiliki makna yang sebenarnya (denotatif).
Komentar
Kelas : X FKK
Kelas:X FKK
Kelas:X Fkk
Kelas:X FKK
Kelas:X fkk
Kelas:X FKK
Kelas:X tkro 2
KELAS:X TKRO2
KELAS:X tkro 2
Kelas:X tkro 2
Tkro2
X Akl
Kelas xtkro 2
X TKRO 1
XTKRO 1
31
X TKRO 1
X TKOR 1
X tkro 1
X TKRO 1
X TKR0 1
X TKRO 1